get app
inews
Aa Read Next : Bisa Menghasilkan Uang Hingga Puluhan Ribu Setiap Hari, Aplikasi Ini Banyak Dicari

Kini Pengguna Tak Bisa Screenshot Pesan Sekali Lihat WhatsApp

Selasa, 09 Agustus 2022 | 15:30 WIB
header img
ilustrasi WhatsApp (foto:sindonews)

BATU, iNews.id - Pemakai WhatsApp umumnya mengambil screenshot pesan sekali lihat (view once) untuk menyiasati supaya pesan itu dapat kembali disaksikan walau telah terhapus.

Sekarang, akal-akalan itu tidak dapat kembali dilaksanakan. Karena, WhatsApp memperjelas jika sekarang pemakai tidak dapat lagi ambil tangkapan layar (screenshot) pada pesan yang dikirim lewat fitur "View Once" (sekali lihat) tersebut.

WhatsApp resmi mengenalkan beberapa fitur privasi baru di platformnya berbentuk pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat.

"Beberapa fitur privacy akan dikeluarkan di WhatsApp, satu diantaranya ialah pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat," kata CEO Meta Mark Zuckerberg, diambil dari Rakyat62.

"Kami akan terus membuat langkah baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya masih tetap pribadi dan aman seperti percakapan tatap muka," lanjut ia.

Pihak WhatsApp menjelaskan, pesan yang dikirimkan lewat fitur sekali lihat, secara otomatis akan diproteksi dari usaha tangkapan layar. Hingga pemakai bisa share pesan sensitif dengan semakin nyaman.


screenshot whatsapp pesan sementara dimatikan (gsmarena)

Nanti, saat pemakai buka foto/video View Once lalu coba ambil screenshot, layar akan tampilkan pemberitahuan berbunyi "Tangkapan layar dikunci untuk privasi tambahan", seperti gambar diatas, Sehingga, konten tidak dapat diabadikan dengan screenshot.

Sekarang ini, kata pihak WhatsApp, fitur anti-screenshot ini sedang diuji dan akan selekasnya dikeluarkan. Walau begitu, WhatsApp belum ungkap jadwal tersedianya fitur ini untuk semua pemakai WhatsApp.

Ada fitur anti-screenshot untuk pesan View Once ini nampaknya sudah dinanti-nantikan pemakai WhatsApp. Karena, sejauh ini, video atau foto yang dikirim dengan View Once masih bebas di-screenshot.

WhatsApp sendiri mulai menggulirkan fitur "View once" atau "Sekali lihat" pada Juni 2021. Fitur ini memungkinkannya yang menerima pesan menyaksikan video atau foto sekali saja.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut