get app
inews
Aa Read Next : Dijamin Ampuh, 7 Bahan Alami Ini Mampu Mengusir Kecoa di Rumah Tanpa Sentuh

Cara Ampuh Memperbaiki SD Card Error yang Tidak Dapat Dibaca

Rabu, 17 Agustus 2022 | 15:23 WIB
header img
Cara Ampuh Memperbaiki SD Card Error . (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Kartu memori merupakan salah satu komponen terpenting dalam hampir semua gawai. Semua data penting umumnya disimpan dalam sebuah SD Card atau kartu memori SD.

Tetapi, beberapa gangguan seperti SD Card tidak terbaca dan yang lain mungkin terjadi pada SD Card. Ini terkadang memaksa beberapa penggunanya untuk memformat data yang berada di dalamnya.

Tentu saja, ini menjadi permasalahan besar, karena data yang telah disimpan akan hilang. Tetapi jangan khawatir, kami memberikan tips untuk memperbaiki SD Card yang rusak dan tidak terbaca tak perlu memformatnya.

Cara Memperbaiki SD Card yang Error

Jika SD Card kamu error, jangan terburu-buru untuk memformatnya. Ada beberapa cara yang dapat kamu kerjakan untuk memperbaiki SD Card yang error, diantaranya seperti berikut.

Bersihkan Kartu SD

Hal pertama yang harus kamu lakukan bila kartu SD error adalah membersihkan kartu SD dengan membasuh lempengan tembaga kuning menggunakan kain halus atau kapas.

Kerusakan pada kartu SD yang tidak terbaca kerap terjadi karena kotoran yang tersumbah sehingga perangkat tidak dapat mengenali atau membaca kartu SD itu.

Pasang di Perangkat Lain

Cara selanjutnya yang perlu kamu lakukan bila SD Card tidak terbaca adalah coba untuk pasang di perangkat lain. Seringkali PC, laptop, atau smartphone tidak kompatibel dengan beberapa kartu SD.

Sambungkan kartu SD ke perangkat lain dengan menggunakan card reader supaya data di dalamnya tidak terformat. Bila beruntung, kartu itu akan dikenal dan dibaca oleh pirantimu.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut