get app
inews
Aa Read Next : Cara Root Android Tanpa PC yang Benar dan Aman, Anti Ribet!

Cara Memperbaiki SD Card Error yang Tidak Bisa Terbaca Dengan Benar dan Mudah

Rabu, 07 September 2022 | 14:39 WIB
header img
Ilustrasi Kartu SD (okezone.com)

BATU, iNews.id - Kartu memori memang merupakan salah satu komponen terpenting pada hampir seluruh gawai. Semua data penting biasanya disimpan dalam sebuah SD Card atau kartu memori SD. 

Namun, beberapa gangguan seperti SD Card tidak terbaca dan lainnya juga mungkin terjadi pada SD Card. Hal ini terkadang memaksa para penggunanya untuk memformat data yang ada di dalamnya. 

Tentunya, ini menjadi permasalahan besar, karena data yang sudah tersimpan akan hilang. Tapi jangan khawatir, kami memberikan tips untuk memperbaiki SD Card yang rusak dan tidak terbaca tanpa harus memformatnya.

Cara Memperbaiki SD Card yang Error

Jika SD Card kamu error, jangan terburu-buru untuk memformatnya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki SD Card yang error, diantaranya sebagai berikut.

Bersihkan Kartu SD

Jika kartu SD error adalah membersihkan kartu SD dengan membasuh lempengan tembaga kuning menggunakan kain halus atau kapas. 

Kerusakan pada kartu SD yang tidak terbaca sering terjadi karena kotoran yang tersumbah sehingga perangkat tidak bisa mengenali atau membaca kartu SD tersebut.

Pasang di Perangkat Lain

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan jika SD Card tidak terbaca adalah coba untuk pasang di perangkat lain. Seringkali PC, laptop, atau smartphone tidak kompatibel dengan beberapa kartu SD.

Hubungkan kartu SD ke perangkat lain dengan menggunakan card reader agar data di dalamnya tidak terformat. Jika beruntung, kartu tersebut akan dikenali dan dibaca oleh perangkatmu.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut