get app
inews
Aa Read Next : 8 Tips Melindungi Kesehatan Jantung Dari Usia Muda Bisa Dicoba

Rambut Beruban Muncul di Usia Muda? Begini Cara Mencegahnya

Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:38 WIB
header img
Ilustrasi rambut beruban (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Uban tidak hanya muncul pada seseorang yang berusia tua. Nyatanya uban juga dapat muncul di usia muda, bahkan remaja.

Uban di usia muda mungkin bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, memenuhi kebutuhan vitamin, dan berhenti merokok. Namun, terbilang sulit mencegah uban jika penyebabnya akibat faktor genetik atau penuaan.

Merupakan hal normal ketika rambut beruban seiring bertambahnya usia. Namun, ada kalanya uban juga bisa tumbuh pada seseorang yang masih berusia muda atau bahkan remaja. Nah, artinya sebenarnya uban bisa muncul hampir setiap saat. 

Perlu diketahui, manusia memiliki jutaan folikel rambut atau kantung kecil yang melapisi kulit. Folikel menghasilkan rambut dan sel warna atau pigmen yang mengandung melanin. Seiring waktu, folikel rambut kehilangan sel pigmen sehingga menghasilkan rambut putih yang dinamakan uban. Lantas, bisakah mencegah uban tumbuh di usia muda?

Cara Mencegah Munculnya Uban Di Usia Muda

Jika genetika atau penuaan menjadi penyebabnya, maka tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah uban. Namun, jika uban muncul disebabkan faktor gaya hidup atau kondisi medis, mungkin masih bisa dicegah. 

Ketika tubuh kekurangan vitamin tertentu, maka bisa menyebabkan uban muncul lebih cepat. Nah, berikut beberapa cara perawatan rambut yang bisa kamu lakukan untuk mencegah pertumbuhan uban di usia muda. 

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut