BATU, iNews.id - Anda bisa memperhatikan kepadatan lalu lintas yang ditandai dengan kemacetan dan banyaknya jumlah kendaraan. Peningkatan kepadatan lalu lintas ini menjadi alasan khusus kebutuhan jasa kurir untuk mempermudah dan mempercepat perpindahan satu barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk yang ingin memulai usaha jasa kurir, berikut hal yang harus diperhatikan:
1. Sarana Transportasi dan Media Komunikasi
Sarana transportasi yang paling cocok untuk jasa kurir adalah sepeda motor. Selain ukurannya yang kecil sehingga mudah melalui macet, bahan bakar yang diperlukan sepeda motor cukup murah dan biaya perawatan sepeda motor cukup terjangkau. Dengan begitu, anda akan menghemat waktu pengiriman barang dan menghemat biaya modal.
Media komunikasi yang terbaik adalah telepon seluler. Alasannya, handphone mudah dibawa dan tidak membutuhkan tempat yang besar. Selain itu, anda juga bisa secara cepat menghubungi dan menerima balasan. Alat komunikasi harus diperhatikan untuk memudahkan operasional usaha.
2. Karyawan
Untuk karyawan yang dijadikan kurir, anda harus mempekerjakan karyawan yang mengenal seluk beluk kota sampai jalan alternatif agar terbebas dari macet. Disamping itu, kualitas diri seperti jujur, rajin, bisa dipercaya dan tekun harus juga diperhatikan. Karyawan sebagai kurir harus juga berani bertanggung jawab atas barang yang diantarnya.
Selainnya mencari karyawan pengantar, anda pun membutuhkan karyawan untuk masalah administrasi seperti untuk terima order dan berkomunikasi dengan pelanggan. Carilah karyawan yang teliti dan sabat dan sopan dan mempunyai kemampuan interpersonal yang bagus.
3. Promosi
Untuk mengenalkan jasa anda ke banyak orang, anda bisa memanfaatkan internet. Selain biayanya yang murah, internet cepat dan bisa menyebarkan informasi ke banyak orang sekalian. Contoh penggunaan internet untuk marketing dengan akun media sosial.
Saat melakukan promosi, seharusnya punya target konsumen yang sesuai cara promosi anda. Bila memiliki target konsumen ibu rumah tangga, karena itu bisa menyebarkan jasa anda di pasar atau pusat perbelanjaan. Jika target pasarnya ialah karyawan, karena itu bisa melakukan promosi ke perusahaan.
4. Keragaman Jasa dan Produk
Agar bisnis kurir ini bisa bertahan dan unggul dari kompetitor, anda bisa menawarkan paket yang berbeda seperti pengiriman paket atau dokumen, paket antara jemput paket ke ekspedisi, paket membeli barang pesanan dan pengantaran barang itu ke pelanggan dan layanan jasa COD (Cash on Delivery).
Bahkan juga ada beberapa jasa kurir yang menawarkan jasa untuk mengantre tiket untuk jasa transportasi dan hiburan seperti tiket bis, tiket kereta api, tiket bioskop sampai tiket konser. Anda juga bisa menawarkan jasa pembelian minuman dan makanan untuk menambahkan keragaman jasa yang ditawarkan.
Karena kompetisi yang akan dihadapi bukan hanya dari sesama jasa kurir offline tapi juga online, anda harus memastikan jika bukan hanya terfokus pada pelanggan individual tapi juga instansi sampai perusahaan, sehingga bisnis anda tetap berjalan dengan baik.
5. Penanganan Resiko
Dalam menjalankan bisnis, anda harus siap dengan semua risiko yang mungkin terjadi, misalnya cuaca buruk, kecelakaan di jalan raya, kerusakan di kendaraan, sampai kepadatan lalu lintas. Kendala ini tentu saja bisa menghambat operasional usaha anda. Selalu siapkan diri dengan rencana cadangan sehingga operasional usaha terus berjalan.
Masalah lain dapat terjadi dari masalah komunikasi misalnya salah alamat karena kesalahan pihak administrasi atau ketertinggalan pengiriman barang. Untuk menghindari hal itu, anda bisa memberi kompensasi untuk pelanggan yang barangnya terlambat diantar atau mungkin tidak menjanjikan ketepatan waktu jika lalu lintas sedang padat. Selain itu, berilah jaminan atas barang yang diantarkan, misalnya ganti rugi jika barang hilang atau rusak.
6. Prioritaskan kualitas pelayanan
Untuk jasa kurir, keuntungan anda sangat ditentukan oleh kepuasan pelanggan. Bila pelanggan puas, pelanggan akan membantu anda untuk mempromosikannya untuk orang lain atau kembali memakai jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, selalu pastikan jika dalam operasional anda, selalu dahulukan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.
Editor : Supriyono