get app
inews
Aa Read Next : Bisa Menghasilkan Uang Hingga Puluhan Ribu Setiap Hari, Aplikasi Ini Banyak Dicari

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Tanpa Tombol Dengan Mudah 

Rabu, 31 Agustus 2022 | 10:17 WIB
header img
Cara Mematikan Komputer Otomatis. (inews.id)

BATU, iNews.id - Apakah Anda pernah kelupaan mematikan komputer? Umumnya ini terjadi karena Anda ketiduran atau Anda harus buru-buru meninggalkan rumah sehingga Anda lupa untuk mematikan komputer Anda.

Padahal, bila Anda membiarkan komputer terus hidup semalaman atau bahkan juga seharian dapat membuat tarif listrik membesar lho!

Nah, melalui artikel in akan memberitahu Anda bagaimana cara mematikan komputer Anda secara otomatis tanpa menggunakan software.

Cara Mematikan Komputer Otomatis dengan Task sheduler

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mematikan komputer Anda secara otomatis dengan menggunakan Task scheduler. Task scheduler adalah sebuah aplikasi pada Windows yang berfungsi untuk atur jadwal kegiatan komputer.

Untuk menggunakannya, klik tombol Windows dan ketikkan Task scheduler. Jika sudah, klik action dan klik Create basic task. Jendela akan terbuka.

Beri nama dan isi deskripsi sesuai kemauan Anda lalu klik next. Lanjutkan dengan memilih One time lalu klik next. Tentukan hari atau tanggal dan jam berapa Anda ingin mematikan komputer Anda secara otomatis setelah itu klik next.

Selanjutnya Anda pilih Start a program dan klik next lalu klik browse. Nanti akan keluar jendela baru. Pada kolom file name, ketikkan shutdown.exe dan isi parameter dengan /s lalu tekan Enter dan next.

Pastikan lagi bila hari dan jam shutdown otomatis telah benar lalu klik finish.

Cara Mematikan Komputer Otomatis dengan file.bat

Cara kedua yang dapat Anda gunakan untuk mematikan komputer otomatis dengan menggunakan file.bat. File.bat atau batch adalah sebuah file teks yang berisi beberapa macam perintah untuk dijalankan oleh Windows.

Untuk shutdown komputer otomatis menggunakan file batch, hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah membuka Notepad. Cukup klik kanan pada desktop lalu pilih New teks dokumen.

Ganti 00:00:00.00 dengan waktu sesuai keinginan Anda. Kemudian Save as dan ubah Save as tipe menjadi All Files. Beri nama file bat itu menjadi shutdown.bat lalu klik save.

Untuk mengaktifkan shutdown otomatis, jangan lupa untuk double klik pada shutdown.bat.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut