get app
inews
Aa Read Next : Ketahui Ciri Penyakit Garis Gelap Pada Kuku, Berhati-Hatilah!

Radang Tenggorokan Tak Kunjung Sembuh, Berikut Cara Efektif Mengobatinya

Sabtu, 03 September 2022 | 06:14 WIB
header img
Cara Mengobati Radang Tenggorokan. (inews.id)

BATU, iNews.id - Ada beberapa cara mengobati radang tenggorokan aman dan efektif yang dapat Anda lakukan. Radang tenggorokan adalah kondisi yang sangat umum dan umumnya tidak perlu dikhawatirkan.

Radang tenggorokan bahkan juga dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Namun, bila Anda terganggu dengan keadaan ini, Anda bisa juga melakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Radang tenggorokan sendiri adalah rasa sakit, kering, atau gatal di tenggorokan. Sakit di tenggorokan adalah gejala yang umum. Umumnya radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi, atau oleh faktor lingkungan seperti udara kering.

Radang tenggorokan (faringitis) adalah gangguan kesehatan yang umum, khususnya selama cuaca dingin. Dan, radang tenggorokan umumnya tiba disertai dengan flu, batuk, sampai sakit kepala.

Berikut beberapa cara mengatasi radang tenggorokan yang dapat Anda lakukan, dilansir dari health.clevelandclinic.org dan pennmedicine.org.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Berikut adalah beberapa cara mengatasi radang tenggorokan yang dapat Anda coba;

1. Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi radang tenggorokan yang pertama dengan berkumur menggunakan air garam. Meskipun air garam mungkin tidak memberikan kesembuhan pada radang dengan segera, ini masih sebagai obat yang efektif untuk membunuh bakteri sambil melonggarkan lendir dan mengurangi rasa sakit. Cukup campurkan 1/2 sendok teh garam ke satu cangkir air hangat dan gunakan untuk berkumur-kumur.

2. Madu

Cara mengatasi radang tenggorokan yang kedua dengan menggunakan madu. Madu adalah obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alaminya yang memungkinkannya bertindak sebagai penyembuh luka, dan segera meredakan rasa sakit sekalian bekerja untuk mengurangi peradangan. Madu dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus.

Jika Anda menderita batuk parah selainnya sakit tenggorokan, madu dapat bertindak sebagai penekan batuk yang efektif. Campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh dan aduk rata. Minum beberapa kali satu hari sesuai kebutuhan. Penting untuk dicatat jika madu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah umur satu tahun.

3. Lemon

Cara mengatasi radang tenggorokan yang ketiga dengan menggunakan lemon. Mirip dengan air garam dan madu, lemon juga baik untuk sakit tenggorokan karena bisa membantu memecah lendir dan meredakan nyeri.

Terlebih lagi, lemon dikemas dengan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberinya semakin banyak kekuatan untuk melawan infeksi Anda. Campurkan satu sendok teh air perasan buah lemon ke segelas air hangat dan minum secara teratur.

4. Teh Jenis Tertentu

Cara mengatasi radang tenggorokan yang keempat dengan mengonsumsi teh dari jenis tertentu. Ada beberapa jenis teh herbal yang dapat Anda coba untuk meredakan sakit tenggorokan dengan cepat. Salah satunya adalah teh cengkeh dan teh hijaukarena keduanya mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi untuk melawan infeksi sekaligus memberikan kelegaan.

Teh raspberry, chamomile, dan peppermint adalah pilihan yang baik untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Teh chamomile bisa berfungsi sebagai pelumas alami, maka bila suara Anda serak dan alami kesusahan bicara, teh ini adalah pilihan yang terbaik. Sementara, teh peppermint secara alami bisa membuat tenggorokan mati rasa dan mengurangi rasa sakit.

5. Humidifier

Cara mengatasi radang tenggorokan yang kelima dengan menggunakan humidifier untuk membuka sinus. Jika Anda mengalami peningkatan jumlah sakit tenggorokan pada sebuah waktu, kemungkinan sudah waktunya untuk berinvestasi dengan beli pelembap udara atau humidifier.

Udara kering, khususnya selama hari-hari musim dingin menjadi penyebab sakit tenggorokan. Humidifier akan menjaga kelembapan udara dan membuka sinus Anda. Tambahkan satu atau dua sendok makan larutan hidrogen peroksida untuk memberikan kelegaan tambahan.

6. Antihistamin dan Pereda Nyeri

Cara mengatasi radang tenggorokan yang ke enam dengan mengonsumsi antihistamin atau obat pereda nyeri yang dijual bebas. Antihistamin bisa menumpulkan atau meredakan nyeri tenggorokan. Acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen membantu mengatasi rasa sakit yang berada sedikit lebih dalam di kelenjar dan bagian leher lainnya.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut