get app
inews
Aa Read Next : Ketahui Ciri Penyakit Garis Gelap Pada Kuku, Berhati-Hatilah!

6 Tips Membuat Gorengan Sehat Agar Terhindar Dari Penyakit

Rabu, 28 Desember 2022 | 09:51 WIB
header img
Tips Membuat Gorengan Sehat. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan penyakit jantung koroner karena penyumbatan pembuluh darah. Karena sumbernya dari gorengan, Kakak harus belajar terlebih dahulu mengenai tips membuat gorengan yang sehat agar tidak meningkatkan risiko kolesterol.

Tips Membuat Gorengan Sehat

1. Hindari Menggoreng dengan Menggunakan Teknik Deep Fry

Teknik menggoreng deep fry biasanya digunakan untuk hasil gorengan yang renyah dan matang secara merata. Namun, teknik menggoreng ini menggunakan minyak goreng yang banyak pada saat menggoreng, karena adonan gorengan harus terendam oleh minyak.

Hal itu kemudian menyebabkan gorengan akan menyerap lebih banyak minyak dan memiliki kadar lemak yang lebih tinggi. Kadar lemak tersebutlah yang kemudian akan meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Jangan Menggoreng dengan Menggunakan Minyak Jelantah

Minyak goreng memang bisa digunakan berulang kali. Namun, jangan sampai Kakak menggunakan minyak goreng yang sudah berubah warna dan juga aroma. Untuk hasil masakan yang lebih sehat, Kakak dapat menggunakan minyak goreng maksimal 2 hingga 3 kali goreng.

Selain karena cita rasa masakan akan berubah dan rusak, minyak goreng yang sudah digunakan akan memiliki kualitas yang rendah. Dengan begitu, minyak akan membentuk radikal bebas serta senyawa yang dapat membahayakan kesehatan.

3. Pilih Jenis Tepung dengan Teliti dan Cermat

Umumnya, banyak orang yang memasak gorengan dengan menggunakan tepung terigu serbaguna. Namun perlu Kakak ketahui, bahwa jenis tepung tersebut memiliki kecenderungan untuk menyerap minyak yang lebih banyak karena memiliki kandungan gluten yang banyak.

Karena itu, gorengan yang menggunakan tepung serbaguna akan mengandung minyak dan juga lemak yang tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, Kakak dapat memilih jenis tepung yang bebas dari kandungan gluten, seperti tepung jagung atau juga tepung beras.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut