get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Cara Menjaga Kesehatan Darah yang Benar dan Tepat, Coba Terapkan!

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:43 WIB
header img
Cara Menjaga Kesehatan Darah. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Jika sistem peredaran darah tidak lancar, ada banyak permasalahan yang mungkin akan terjadi seperti mati rasa pada bagian tubuh, retensi cairan atau edema, dan juga penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Karena itu, Kakak harus menjaga kesehatan darah.

5 Cara Menjaga Kesehatan Darah

1. Mengkonsumsi Makanan yang Dapat Memperlancar Peredaran Darah

Cara untuk menjaga Kesehatan darah yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat memperlancar peredaran darah, seperti sayuran hijau, cabe, kunyit, dan buah delima. Persamaan dari makanan tersebut adalah kandungan nitrit oksida yang ada di dalamnya.

Nitrit oksida dapat membantu untuk memperlebar pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah dapat tetap lancar dan kandungan oksigen serta zat gizi yang terdapat di dalam darah bisa diedarkan ke seluruh organ tubuh.

2. Rutin Berolahraga

Darah merupakan media transportasi bagi oksigen di dalam tubuh, dimana oksigen sendiri merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, selain menjaga pembuluh darah Kakak juga harus menambah pasokan oksigen ke dalam tubuh dengan cara berolahraga.

Selain dapat menambah pasokan oksigen, berolahraga juga dapat memicu jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih banyak. Dengan demikian, peredaran darah akan menjadi lebih lancar.

3. Mengurangi dan Menghindari Kebiasaan untuk Merokok

Nikotin yang terkandung di dalam rokok merupakan salah satu dari banyaknya bahan aktif berbahaya yang terdapat pada rokok. Nikotin tersebut dapat mengganggu Kesehatan peredaran darah, dengan membuat darah menjadi lebih kental dan juga merusak pembuluh darah.

Maka dari itu, mengurangi dan bahkan jika bisa menghindari kebiasaan untuk merokok, baik rokok tradisional, elektrik maupun rokok tanpa asap merupakan cara menjaga kesehatan darah yang dapat dilakukan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut