get app
inews
Aa
Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Daun Serih Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Jum'at, 03 Maret 2023 | 09:47 WIB
header img
Manfaat Daun Serih. (okezone.com)

BATU, iNewsBatu.id - Daun serih (Piper sarmentosum) adalah tanaman herbal yang biasanya tumbuh di daerah tropis. Daun serih memiliki bau khas yang harum dan sering digunakan sebagai bahan dasar untuk masakan di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Namun, selain sebagai bahan masakan, daun serih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat daun serih untuk kesehatan tubuh wajib tahu. 

1. Antioksidan

Daun serih mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti flavonoid, tannin, dan asam fenolat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan mempercepat proses penuaan. Konsumsi daun serih secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

2. Anti-inflamasi

Senyawa anti-inflamasi dalam daun serih dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Konsumsi daun serih dapat membantu mencegah peradangan dan mengurangi risiko penyakit tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Daun serih mengandung lutein dan zeaxanthin, senyawa yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Kedua senyawa tersebut membantu mencegah kerusakan pada retina dan dapat mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula. Konsumsi daun serih secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya penyakit mata.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut