get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menjaga Berat Badan

Sabtu, 25 Februari 2023 | 13:34 WIB
header img
Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan. (okezone.com)

BATU, iNewsBatu.id - Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang yang kemudian digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan.  Ada manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh yang bisa dicoba. 

Meskipun proses donor darah mungkin terdengar menakutkan bagi beberapa orang, namun pada kenyataannya, donor darah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan masyarakat secara keseluruhan. Berikut ini adalah 9 manfaat donor darah yang penting untuk diketahui:

1. Meningkatkan produksi sel darah merah

Donor darah dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Setiap kali seseorang memberikan darah, tubuh akan berusaha untuk menggantikan darah yang hilang dengan memproduksi sel darah merah baru. Hal ini akan membantu memperbaiki sirkulasi darah dan memperbaiki kondisi anemia atau kekurangan darah.

2. Menjaga kesehatan jantung

Donor darah dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Ketika seseorang memberikan darah, tubuh akan menghasilkan darah baru yang lebih sehat dan membersihkan darah yang sudah digunakan. Hal ini dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah penyumbatan arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

3. Menjaga berat badan yang sehat

Donor darah dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Setiap kali seseorang memberikan darah, tubuh akan membakar kalori untuk memproduksi sel darah baru. Hal ini dapat membantu membakar lemak dan membantu seseorang untuk menjaga berat badan yang sehat.

4. Meningkatkan kesehatan psikologis

Donor darah dapat membantu meningkatkan kesehatan psikologis seseorang. Banyak orang merasa puas dan bahagia setelah memberikan darah karena mereka merasa telah memberikan sesuatu yang berharga dan membantu orang lain. Hal ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan perasaan positif, dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut