get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

12 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Jum'at, 27 Januari 2023 | 10:56 WIB
header img
Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Mentimun adalah sayuran yang berasal dari keluarga cucurbitaceae. Bentuknya bulat atau bulat lonjong, berwarna hijau atau putih dengan kulit yang keras. Mentimun mengandung banyak air sekitar 96%, sehingga sangat baik untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

Ia juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin K, folat, kalium, dan asam askorbat. Mentimun juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Mentimun sering digunakan dalam salad, sambal, atau digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan jus. Sayuran ini mudah didapat dan harganya terjangkau, sehingga dapat dijadikan pilihan sehat dalam mengonsumsi sayur.

Mentimun atau timun adalah sayuran yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Ini adalah salah satu sayuran yang paling banyak digunakan di dunia karena kaya akan nutrisi dan sifat anti-inflamasi yang kuat.

12 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh 

1. Mengandung air yang tinggi

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sekitar 96%, sehingga sangat baik untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

2. Kaya akan antioksidan

Mentimun mengandung antioksidan seperti likopen yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Mencegah kanker

Likopen yang terkandung dalam mentimun dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama kanker prostat dan kanker payudara.

4. Menjaga kesehatan jantung

Mentimun mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

5. Mengatasi masalah kulit

Mentimun dapat digunakan sebagai masker wajah yang dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat, kulit kering dan keriput.

6. Mengatasi masalah mata

Mentimun juga dapat digunakan sebagai kompres mata yang dapat mengatasi masalah mata seperti pembengkakan, kelelahan mata dan peradangan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut