get app
inews
Aa Read Next : Mudah Didapat, 5 Bahan Alami Ini Mampu Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Ketahui Bahan Alami yang Menghasilkan Warna Kuning

Rabu, 07 September 2022 | 21:28 WIB
header img
Mengonsumsi herbal seperti jahe, kunyit atau meniran dianjurkan saat isolasi mandiri untuk menguatkan imunitas. (Foto: ilustrasi/TimesofIndia).

BATU, iNews.id - Bagi sebagian orang masih takut dan khawatir untuk menggunakan pewarna sintetis. 

Pewarna makanan mungkin sudah tak asing digunakan terutama untuk membuat kue. Kabar baiknya, tentu saja ada bahan yang bisa digunakan sebagai pewarna makanan alami. Berikut bahan alami yang menghasilkan warna kuning untuk makanan dan kue:

1. Safron

Salah satu pewarna untuk warna kuning adalah safron. Safron atau kuma-kuma adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga Cracus Sativus. Safron memiliki rasa khas sedikit pahit dan berbau harum (aroma bagaikan madu dengan sedikit nuansa harum jerami), serta mengandung crocin yakni salah satu bahan pewarna makanan karotenol yang membuat mkanan menjadi kuning keemasan.

Kualitas safron tertinggi adalah tangkai putik berwarna merah gelap dan tidak belang-belang.  Safron disarankan untuk dibeli dari negara-negara seperti Spanyol, Kashmir, India, Italia, dan Yunani agar terjamin keasliannya. Simpanlah safron di dalam toples gelas di tempat yang sejuk dan tidak lembab.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut