get app
inews
Aa Read Next : 7 Penyebab Darah Haid Cokelat, Perempuan Wajib Tahu!

6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami Tanpa Obat-Obatan

Senin, 12 September 2022 | 17:39 WIB
header img
Ilustrasi Nyeri Haid. (inews.id)

BATU, iNews.id - Kamu kemungkinan sudah pernah mengalami kram perut sebelum dan saat haid. Keadaan yang medis dikenal sebagai dysmenorrhea ini termasuk umum terjadi. Bahkan juga, ketidaknyamanan itu hampir dialami oleh semua wanita yang menstruasi.

Efek kram perut yang dialami wanita saat haid berbeda-beda. Ada yang merasa biasa saja dan ada juga yang merasakan sakit perut sampai mengganggu kegiatan sehari-hari. Tetapi jangan terlalu khawatir, karena kram perut saat haid dapat kamu atasi sendiri dengan mudah.

Kenali Penyebab Kram Perut saat Haid

Kram perut bisa terjadi karena badan mengalami perubahan saat menstruasi. Selama masa ini, kontraksi dinding rahim semakin kuat dari umumnya. Kontraksi ini terjadi supaya lapisan rahim dapat mengalirkan darah menstruasi.

Saat dinding rahim berkontraksi, rahim akan menekan pembuluh darah yang melapisi rahim, sehingga dapat memutus saluran darah yang mengantarkan oksigen ke rahim. Putusnya aliran darah akan menyebabkan rendahnya kadar oksigen dalam rahim, keadaan ini selanjutnya membuat jaringan yang ada di rahim mulai memproduksi zat kimia bernama prostaglandin, yang memicu rasa sakit.

Cara Mudah Mengatasi Kram Perut saat Haid

1. Banyak minum air

Saat haid, kamu dapat menyiapkan sebotol air yang mudah dibawa untuk bepergian. Kamu dapat menambahkan perasan lemon ke dalamnya untuk memberi rasa dan menggugah selera. Minum air memang tidak mengurangi rasa kram secara langsung, tetapi bisa mengatasi perut kembung yang bisa memperberat rasa kram perut yang kamu alami.

2. Konsumsi jenis makanan yang sesuai

Saat mengalami kram saat menstruasi, kamu dapat mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat, seperti buah-buahan, sayur hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Disarankan untuk menghindari makanan berlemak, goreng-gorengan, atau makanan cepat saji.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut