get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Minum Pil KB yang Benar dan Tepat, Bisa Dicoba!

Sebagai Perempuan, Perlu Tahu 5 Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi 

Rabu, 14 September 2022 | 21:34 WIB
header img
Cara Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi. (inews.id)

BATU, iNews.id - Setiap tanggal 28 Mei selalu diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia. Hari itu dirayakan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kebersihan sebelum, selama dan sesudah mengalami menstruasi.

Dikatakan Dr Surabhi Siddhartha, seorang dokter di Motherhood Hospital Kharghar mengatakan, tidak bersih selama menstruasi bisa memengaruhi kesehatan wanita dan berisiko membuat mereka terinfeksi dan alergi karena praktik yang tidak bersih.

berikut ini lima tips menjaga kebersihan selama menstruasi yang bagusnya diketahui para wanita.

1. Ganti Sesering Mungkin

Mengganti pembalut atau tampon sesering kemungkinan setidaknya setiap tiga sampai enam jam sekali. Darah yang keluar saat menstruasi bisa menarik berbagai organisme dari tubuh, menyebabkan sensasi tidaknyam, ruam, dan infeksi saluran kemih. Dengan mengganti pembalut atau tampon secara berkala, karena itu kamu akan terhindar dari infeksi genital.

2. Bersihkan Daerah Vagina

Membersihkan daerah kewanitaan saat mengganti pembalut atau tampon merukan hal yang sangat penting. Usap dari vagina ke anus, bukan sebaliknya. Hati-hati perpindahan kuman dari anus bisa berpindah dari lubang selanjutnya masuk vagina atau uretra.

3. Hindari Penggunaan Produk Kebersihan Kewanitaan

Walau menambahkan produk kebersihan vagina dalam rutinitas harian dapat bermanfaat, tetapi menggunakannya selama menstruasi bisa menyebabkan komplikasi.

Vagina mempunyai sistem pembersihan yang bekerja sejauh siklus menstruasi, dan produk kebersihan buatan dianggap bisa mengganggu proses alami itu yang mengakibatkan infeksi dan pertumbuhan bakteri jahat.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut