get app
inews
Aa Read Next : 6 Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah yang Membandel

Begini Cara Minum Pil KB yang Benar dan Tepat, Bisa Dicoba!

Senin, 12 Desember 2022 | 20:34 WIB
header img
Cara Minum Pil KB yang Benar. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Cara minum pil KB tidak boleh asal- asalan, lho. Bila pil KB disantap sembarangan, daya gunanya dalam menghindari kehamilan dapat menurun. Biar tidak bimbang, ayo, ikuti uraian menimpa cara pas minum pil KB di postingan berikut.

Pil KB merupakan salah satu perlengkapan kontrasepsi yang efisien dalam menghindari kehamilan. Tata cara ini diseleksi oleh banyak perempuan, sebab pil KB terkategori instan digunakan, gampang dibeli, serta mempunyai tingkatan keberhasilan besar sampai 99, 7% bila disantap dengan benar.

Begini Cara Minum Pil KB yang Benar

Tidak hanya buat menghindari kehamilan, pil KB pula sering digunakan buat menolong menanggulangi indikasi sindrom pramenstruasi( PMS), meringankan indikasi perimenopause, meredakan indikasi endometriosis, mengendalikan agenda haid, serta menanggulangi PCOS.

Bersumber pada dari isi bahan di dalamnya, pil KB dipecah jadi 2, ialah pil KB campuran serta pil KB progestin( pil mini). Kedua tipe pil ini mempunyai ketentuan minum yang berbeda- beda. Berikut merupakan cara minum pil KB bersumber pada jenisnya:

Panduan minum pil KB kombinasi

Pil KB campuran biasanya memiliki hormon estrogen serta progesteron, dan sebagian pil non aktif( plasebo) yang tidak memiliki hormon.

Pil KB campuran disantap sebanyak 1 pil masing- masing hari serta dapat diawali pada kapan saja. Tetapi, baiknya kalian mulai meminumnya dalam 5 hari sehabis haid diawali. Jadi, sehabis haid berakhir, pil KB campuran ini telah dapat menghindari kehamilan.

Apabila kalian mulai minum pil KB campuran di waktu lain kala tidak haid, kalian wajib meminumnya sepanjang 7 hari terlebih dulu saat sebelum betul- betul dapat menghindari kehamilan. Sepanjang 7 hari, kalian dianjurkan buat memakai tata cara kontrasepsi lain, semacam kondom, kala berhubungan seksual supaya tidak berbadan dua.

Pil KB campuran muncul dalam banyak merk dengan paket yang bermacam- macam, ialah paket pil KB campuran 21 hari, 28 hari, 91 hari, serta 365 hari. Buat lebih jelasnya, ini pandungan cara minum pil KB yang benar bersumber pada paketnya:

Paket 21 hari

Paket ini berisi 21 pil buat diminum tiap hari sepanjang 21 hari ataupun 3 pekan. Di pekan ke- 4, kalian tidak butuh minum pil KB, karena itu merupakan waktu menstruasimu. Sehabis pekan ke- 4, barulah kalian minum pil KB paket ini lagi, begitu seterusnya,

Paket 28 hari

Paket ini berisi 28 pil buat diminum tiap hari sepanjang 28 hari ataupun 4 pekan. Pada hari ke- 29, kalian dapat mengulanginya lagi, begitu seterusnya. Pada paket pil KB campuran 28 hari ada 4−7 pil palesbo( tidak memiliki hormon) buat diminum di hari- hari terakhir selaku waktu mestruasimu.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut