get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Buah Nangka Untuk Hamil, Dijamin Aman dan Sehat!

6 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Dijamin Ampuh!

Kamis, 27 Oktober 2022 | 22:23 WIB
header img
Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Kaki bengkak selama kehamilan merupakan hal yang normal terjadi. Terutama pada pergelangan dan jari-jari kaki. Kaki bengkak terjadi secara bertahap, dan biasanya tidak berbahaya untuk kehamilan, ibu, dan bayi. Tetapi, tentu saja rasanya tidak nyaman, sehingga ibu ingin melakukan cara apa pun untuk mengatasinya.

Kaki bengkak saat hamil dapat terjadi karena terjadinya penumpukan cairan di area kaki. Tetapi, perlu diketahui beberapa ibu kadang bisa juga mengalami pembengkakan di wajah dan tangan.

Kondisi itu dikenal dengan edema. Bila diperhatikan, pembengkakan di beberapa anggota tubuh terjadi di trimester ketiga. Lalu, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil?

Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Meskipun kaki bengkak saat hamil mungkin tidak menyakitkan, tetapi rasanya tentu tidak nyaman dan mengganggu. Ada beberapa cara sederhana untuk meredakan kaki bengkak selama kehamilan, antara lain:

1.Tinggikan Posisi Kaki saat Istirahat

Saat waktunya istirahat, cobalah untuk meninggikan posisi kaki bila memungkinkan. Duduk dengan posisi kaki ditinggikan (sesaat) bisa membantu mengalirkan cairan yang tertumpuk di kaki.

2. Kurangi Konsumsi Natrium (Garam)

Perlu diketahui, garam membuat tubuh ibu menahan air lebih banyak. Cobalah untuk menghindari makanan kaleng atau olahan. Karena makanan itu sangat tinggi garam. Hindari untuk menambahkan garam meja pada makanan ya.

3. Kenakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman


Ilustrasi Kaki Bengkak. (iNews.id)

Mengenakan pakaian ketat, terutama di sekitar pergelangan kaki, bisa memperburuk pembengkakan. Pada dasarnya, hal tersebut membuat darah tidak mudah mengalir . Jadi, cobalah untuk mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut