get app
inews
Aa Read Next : 7 Kota Terkecil di Indonesia, Nomor 4 Pernah Jadi Ibukota Negara

8 Daftar Kota Terbersih di Indonesia, Dimana Saja?

Sabtu, 03 Desember 2022 | 10:25 WIB
header img
Kota Terbersih di Indonesia. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Kota mana sih yang terbersih dan terindah di Indonesia? Apa kotamu? Kota terbersih di Indonesia ini sukses diwujudkan dengan kerja sama pemerintah dan masyarakatnya. Menjaga kebersihan daerah sebagai tugas besar yang harus dilakukan bersama oleh setiap masyarakat yang ada di dalamnya.

Kota yang bersih bisa diwujudkan dengan belajar untuk membuang sampah pada tempatnya hingga menjaga kondisi fasilitas umum dengan baik. Hampir seluruh kota di Indonesia bersaing menjadi juara dan meraih piala Adipura atau penghargaan bertajuk kota terbersih yang lain.

Menjadi kota terbersih di Indonesia membutuhkan beragam macam kriteria yang akan dinilai layak atau tidak mendapatkan gelar penghargaan kota terbersih. Berikut daftar 5 kota terbersih di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber:

8 Daftar Kota Terbersih di Indonesia

1. Kota Tangerang

Sebagai salah satu penyangga ibu kota yang terletak di samping barat DKI Jakarta. Tangerang menjadi kota terbesar yang berada di Propinsi Banten. Kota Tangerang tercatat sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia setelah mendapatkan penghargaan Adipura di tahun 2008 dan 2009.

Penghargaan itu diraih oleh kota Tangerang karena berhasil jaga kebersihan kawasan hunian dan perkampungannya dengan baik. Selain itu, Kota Tangerang kembali berhasil meraih penghargaan Adipura pada 2020 lalu.

2. Kota Semarang

Sebagai kota yang terkenal dengan pusat perdagangan dan kota jasa. Kota Semarang biasa disebut dengan Kota Lumpa. Saat ini, Kota Semarang tercatat sebagai kota terbesar kelima yang ada di Indonesia.

Tak lama ini, Kota Semarang telah berhasil menyabet penghargaan sebagai salah satu kota wisata terbersih di ASEAN versi ASEAN Clean Tourist City Periode 2020-2022. Penghargaan ini bukan menjadi yang pertama untuk Kota Semarang karena kota itu tercatat yang sukses mendapat penghargaan Adipura 6 kali sejak 2012.

Saat ini, Semarang memiliki taman dan ruang publik hijau sebanyak 259 titik yang terus dijaga dengan baik. Kampung Pelangi sebagai satu diantaranya kawasan yang dibuat semenarik dan sebersih mungkin agar dapat menjadi salah satu destinasi wisata untuk beberapa turis lokal dan asing.

3. Kota Malang

Sebagai salah satu kota di Indonesia dengan destinasi wisata yang sangat menarik. Selain itu, Kota Malang sama dengan berbagai wilayah dataran tinggi seperti pegunungan Pacet dan Batu yang sangat indah.

Pada 2016, Kota Malang berhasil meraih penghargaan dari Non-Goverment Organization (NGO), The Clean Cities Air Partnership Program (CCAP) sebagai salah satu kota di Asia yang mampu memiliki kualitas udara terbaik.

Kota Malang mendapatkan penghargaan Adipura Kencana karena berhasil mewujudkan inovasi kebersihan seperti Bank Sampah Malang, Road Sweeper, pembangunan pengolahan sampah terpadu, revitalisasi taman kota dan Gerakan Menabung Air.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut