get app
inews
Aa Read Next : 7 Kota Terkecil di Indonesia, Nomor 4 Pernah Jadi Ibukota Negara

8 Daftar Kota Terbersih di Indonesia, Dimana Saja?

Sabtu, 03 Desember 2022 | 10:25 WIB
header img
Kota Terbersih di Indonesia. (okezone.com)

Kota Surabaya. (okezone.com)

4. Kota Surabaya

Terkenal dengan sebutan kota Pahlawan karena sejarahnya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kota Surabaya merupajan kota terbesar kedua yang berada di Indonesia setelah Jakarta. Surabaya berhasil mendapatkan predikat sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia dengan mendapat penghargaan Adipura Kencana pada 2019.

Selainnya penghargaan Adipura Kencana 2019, Kota Surabaya tercatat menjadi salah satu dari tiga kota di dunia yang mendapatkan penghargaan The Sustainable Cities and Human Settlements' yang didukung secara penuh oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Penghargaan itu dapat terwujud karena Surabaya memiliki sistem pengolahan sampah terpadu yang sangat baik yang dapat mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

5. Kota Balikpapan

Kota ini berhasil memenangkan tiga kategori sekaligus dalam ajang ASEAN Environmentally Sustainable City (ESC) Award pada 2014. Kemudian, pada 019 Kota Balikpapan berhasil mendapatkan penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha sebagai kota yang sangat tertib di bagian lalu lintas.

Kota Minyak ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan karena peran pemerintah dan warga yang bahu-membahu dalam menjaga kebersihan dari Kota Balikpapan.

6. Kota Makassar

Sebagai salah satu kota di Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan Adipura sekitar 3x berturut-turut sejak 2017. Sertifikat Adipura itu diberikan karena kota Makassar berhasil melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah dan menjaga kondisi kota dalam keadaan yang bersih.

Selainnya itu saja, Kota Makassar mendapatkan penghargaan Adipura ASEAN dalam kategori Clean Land pada acara 4th ASEAN Environmentally Sustainable City Award. Penghargaan yang sangat bergengsi ini tentu memberikan sebuah rasa bangga, khususnya untuk pemerintah dan penduduk Kota Makassar.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut