get app
inews
Aa Read Next : Ketahui 4 Warna Darah yang Sehat Saat Menstruasi Tiba

Jangan Gelisah, Cara Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Meredakan Nyeri Haid

Rabu, 27 Juli 2022 | 11:50 WIB
header img
ilustrasi nyeri haid (foto: freepik)

BATU, iNews.id - Pernah mengalami nyeri haid? Pernah mencoba untuk mengobati nyeri haid tetapi tak kunjung sembuh? Sebagai wanita pasti pernah mengalami nyeri saat haid atau datang bulan.

Nyeri haid sebagai keluh kesah bulanan yang terjadi pada mayoritas wanita. Rasa nyeri saat haid dapat ringan, tetapi juga bisa lumayan berat sampai mengganggu kegiatan setiap hari.

Bila kamu kerap merasakannya, ada cara-cara meredakan nyeri haid yang dapat dicoba di dalam rumah, lho.

Menstruasi atau haid ialah proses keluarnya darah dan sel telur yang tidak dibuahi dari vagina. Proses ini normal terjadi tiap bulanannya dalam tubuh wanita. Meskipun begitu, saat alami menstruasi, cukup banyak wanita yang mengeluh merasa sakit dan kram pada bagian perutnya.

Di dalam dunia klinis, nyeri haid dikenali dengan istilah dismenore. Keadaan ini dapat terjadi saat sebelum haid (PMS) atau saat haid.

Nyeri haid ini biasanya terjadi dalam sekian hari dan umumnya bisa menghilang sendirinya.

Meskipun begitu, kadang keluh kesah nyeri haid yang dirasa dapat cukup kronis sampai cukup banyak wanita yang merasakannya merasa terganggu dan ingin selekasnya bebas dari hal itu.

Nyeri haid dipicu oleh beberapa hal, mulai dari kontraksi otot pada kandungan sampai bertambahnya zat prostaglandin pada tubuh. Pada wanita yang terserang penyakit tertentu, seperti radang panggul, endometriosis, dan fibroid, nyeri yang dirasa umumnya lebih berat.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut