get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Ketahui 4 Warna Darah yang Sehat Saat Menstruasi Tiba

Kamis, 29 Desember 2022 | 17:45 WIB
header img
Warna Darah yang Sehat. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Haid atau menstruasi merupakan hal yang sangat wajar untuk terjadi pada wanita yang sudah dewasa. Darah yang keluar saat menstruasi ternyata dapat menjadi petunjuk akan kondisi kesehatan, lho! Dengan memperhatikannya, Kakak dapat melakukan pencegahan dan juga pengobatan yang tepat. Ketahui warna darah yang sehat saat menstruasi tiba dengan baik dan benar. 

4 Warna Darah yang Sehat

1. Merah Terang

Menurut Alisa Vitti, seorang pakar pada bidang hormon dan juga kesehatan reproduksi wanita, darah menstruasi yang normal merupakan darah yang berwarna merah terang seperti buah ceri yang ranum.

Meskipun rona merah dapat bervariasi pada setiap orang yang tergantung kepada tingkat kekentalan darah dan juga kuantitas darah yang keluar, pada dasarnya warna darah yang sehat dan juga normal adalah warna merah terang.

2. Merah Muda

Margaret Romero, seorang pakar ilmu keperawatan dari New York menyatakan bahwa darah menstruasi yang berwarna merah muda dapat menjadi pertanda bahwa Kakak memiliki kekurangan estrogen di dalam tubuh.

Kekurangan kadar hormone estrogen di dalam tubuh tidak boleh dibiarkan. Pasalnya, dapat menyebabkan hilangnya gairah seks, risiko vagina yang kering dan bahkan menyebabkan tingginya risiko osteoporosis.

Olahraga yang terlalu intens dapat menyebabkan kurangnya produksi hormone estrogen.  Biasanya orang yang rutin berolahraga dengan berat serta atlet profesional adalah kategori wanita yang mengeluarkan darah haid yang berwarna merah muda.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut