get app
inews
Aa Read Next : 7 Penyebab Darah Haid Cokelat, Perempuan Wajib Tahu!

Agar Tahan Lama, Begini Cara Perawatan Pashmina Plisket yang Benar 

Kamis, 08 September 2022 | 13:49 WIB
header img
Ilustrasi Pashmina Plisket. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Pashmina plisket saat ini masih menjadi trend dan sebagai pashmina pilihan beberapa orang. Bahannya yang dingin, mudah diatur, dan tidak mudah kusut ialah beberapa alasan mengapa pashmina ini sangat digemari. Pashmina plisket mempunyai bahan dari ceruti baby doll dan berbentuk kain plisket atau kain yang dilipat-lipat menggunakan alat khusus.

Tidak seperti tipe kerudung yang lain, pashmina plisket membutuhkan perhatian yang lebih khusus dalam perawatannya agar dipakai untuk jangka panjang tanpa perubahan dalam kain itu. Simak baik yuk cara perawatan pashmina plisket berikut ini!

1. Cara Mencuci Pashmina Plisket

Jangan menggunakan mesin cuci apalagi sikat untuk mencuci pashmina plisket karena akan merusak lipatan dan wujud pashmina. Cukup cuci dengan direndam sesaat beberapa saat, kemudian gosok perlahan dengan tangan sekitar 15-30 detik, lalu bilas untuk menghilangkan sabunnya yang tersisa di kain. Disamping itu , jangan memeras pashmina plisket setelah usai dicuci.

2. Lebih Disarankan Mencuci dengan Shampo

Selainnya detergen biasa untuk mencuci pakaian, kamu dapat menggunakan shampo untuk mencuci pashmina plisket. Bahkan juga, penggunaan shampo ini lebih disarankan karena bisa membuat kain tetap bersih dan harum tanpa membuat kain menjadi kaku.

3. Menjemur Pashmina Plisket

Sesudah pashmina dicuci, cara setelah itu menjemurnya. Menjemur pashmina plisket pun tidak dapat dilakukan sembarangan. Seharusnya, jangan menjemur di tali atau kawat jemuran langsung. Kamu bisa menggunakan hanger untuk menjemurnya.

Sebelum digantung, gulung terlebih dahulu pashmina itu. Gantung hanya bagian pinggirannya saja dan jangan gantung di bagian tengahnya. Ini bertujuan supaya tidak ada lipatan yang lain muncul di kain setelah dijemur.

Menjemur pashmina plisket disarankan jangan terlalu lama dan jangan di lokasi yang terkena panas matahari langsung karena bisa menyebabkan pashmina lama-kelamaan menjadi menyusut dan menghilangkan bentuk lipatan asli.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut