get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Ide Usaha Makanan yang Bisa Terjual Setiap Harinya, Dijamin Untung

Mau Membuka Usaha Kedai Kopi? Inilah Tips Untuk Memulainya

Jum'at, 09 September 2022 | 12:28 WIB
header img
Usaha Kedai Kopi. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Sebagai produsen kopi berkualitas, Indonesia berpeluang besar untuk produksi kopi siap minum. Ini pasti sebagai peluang untuk usaha warung kopi yang potensial.

Apa lagi penelitian dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian menyatakan jika konsumsi kopi di Indonesia di tahun 2016 - 2021 tumbuh sebanyak 8,22% per tahun.

Jadi , walaupun banyak usaha warung kopi menjamur di mana-mana, peluang di bagian ini akan terus terbuka untuk Anda selama permintaan kopi terus bertambah.

9 Tips Usaha Warung Kopi

Sebelum benar-benar terjun ke dunia usaha kopi, Anda pasti perlu penelitian yang banyak mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha ini.

Berikut 9 tips yang akan membantu Anda mempersiapkan gagasan usaha warung kopi dengan matang.

1. Siapkan Ide Usaha Warung Kopi

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah membuat business plan yang masak. Kumpulkan beberapa pertanyaan yang penting Anda jawab, seperti arah Anda membuat usaha warung kopi, siapa kompetitor Anda, kekhasan yang ingin Anda tonjolkan, siapa target market Anda.

Lalu kerjakan perhitungan untuk perkiraan modal warung kopi dan keuntungannya. Siapkan juga langkah-langkah bagaimana menjalankan operasional usaha Anda, bagaimana cara mempromosikannya, dan goal-goal yang ingin Anda raih secara bertahap.

2. Tentukan Target Market

Ide di point pertama harus juga menjawab pertanyaan: siapa sasaran market yang Anda sasar. Saat sudah mengetahui target pasar, Anda jadi dapat menentukan konsep ruang dari usaha Anda sehingga Anda mulai bisa menghitung-hitung anggaran yang penting disiapkan.

Sebagai contoh, bila Anda ingin usaha warung kopi Anda jadi tempat nongkrong kaum milenial, Anda akan membuat menu kopi kekinian yang menarik dan beraneka pastry. Untuk suasana ruangannya, dapat dibuat lebih cheerful dan colorful.

Bila usaha kedai kopi Anda lebih ditujukan untuk rapat orang kantor, menunya dapat dilengkapi dengan bermacam varian teh dan makanan ringan. Suasana ruangan juga dibuat dengan penerangan yang bagus dengan nuansa putih atau ornamen kayu.

3. Cari Lokasi yang Strategis

Lokasi menjadi salah satu penentu kesuksesan usaha warung kopi Anda . Jadi, taruh perhatian dan modal yang cukup banyak untuk fokus pada hal yang ini.

Carilah lokasi yang sering dilewati kendaraan bermobil atau ada di dekat komplek perumahan yang ramai atau daerah perkantoran. Perhatikan warga atau calon pelanggan di lokasi yang Anda tentukan, apa sesuai target market yang telah Anda tentukan.

Hal yang tidak kalah penting ialah lihat unsur kebersihan dan keamanan di daerah itu. Pastikan Anda memiliki lokasi yang relatif tinggi sehingga saat hujan besar datang, usaha Anda bisa beroperasi dengan normal. Semua ini perlu dipertimbangkan untuk kenyamanan pelanggan Anda nanti.

4. Perhatikan Dekorasi Eksterior dan Interior

Meskipun dekorasi hanya pemanis usaha Anda. Tetapi, bila keberadaan dekorasi itu dihilangkan, warung kopi bisa menjadi membosankan. Tersebut kekuatan dari dekorasi eksterior dan interior.

Mereka sanggup menarik mata pelanggan yang melalui di depan usaha warung kopi Anda maupun mampir di media sosial Anda. Jangan meremehkan kemampuan dekorasi eksterior dan interior dalam mempopulerkan usaha Anda.

Untuk cari ide, Anda dapat menyusuri media sosial kompetitor atau langsung mengunjungi beberapa warung kopi hits di Jakarta. Dalami kiat-kiat sukses mereka. Kemungkinan alasannya karena desain eksterior atau interior yang terbukti baik menarik pelanggan masuk dan menyesap kopi di sana.

5. Pilih Barista yang Tepat

Sebelum mencari barista, Anda harus menjawab pertanyaan ini: apa ingin mengutamakan kekuatan bersosialisasi yang tinggi pada pelanggan atau kekuatannya meracik biji kopi?

Pasti lebih baik bila keduanya berada di dalam seorang barista sekaligus. Namun, bila tidak dapat mendapatkan keduanya, Anda perlu menentukan yang mana menurut Anda lebih penting.

6. Manfaatkan Media Sosial

Promosi yang efektif sanggup mendongkrak popularitas usaha warung kopi Anda. Karena sosial media masih digandrungi, manfaatkan sosial media beberapa orang terkenal seperti influencer atau youtuber untuk memperkenalkan produk-produk favorit Anda.

Anda dapat mempekerjakan media sosial officer untuk membuat konten-konten yang menarik. Untuk menarik orang baru jadi pelanggan, ajak pelanggan Anda mempromosikan warung kopi Anda di akun media sosialnya dengan bonus minuman gratis.

7. Cari Supplier Terbaik

Untuk menyajikan minuman kopi yang berkualitas, Anda perlu mencari supplier yang paling dipercaya dan memang memiliki biji kopi yang baik. Bagusnya, Anda melakukan uji coba ke sejumlah supplier sampai menemukan supplier yang pas di hati. Upayakan mencari supplier yang lokasinya terjangkau dengan lokasi usaha warung kopi untuk memangkas ongkos kirim.

8. Pelajari Soal Pembukuan dan Keuangan

Saat Anda memutuskan untuk memulai berbisnis, waktu itu juga Anda perlu mempelajari pengetahuan mengenai pembukuan. Ini jadi penting karena Anda perlu mencatat arus kas usaha, supaya Anda dapat memantau perkembangan usaha.

Agar lebih mudah dan praktis dalam menulis penjualan dan pemasukan, Anda dapat memanfaatkan layanan GoKasir, aplikasi kasir gratis yang dapat Anda akses dari GoBiz. Dengan menggunakan GoKasir, masalah pembukuan menjadi lebih mudah, cocok untuk Anda yang baru merintis usaha warung kopi.

9. Jangan menyerah dan terus belajar

Terakhir ialah jangan pernah lelah selalu untuk usaha dan belajar bila Anda ingin mulai membangun usaha warung kopi impian dari nol. Dan yang terpenting, selalu berikan pelayanan terbaik ke pelanggan kopi Anda baik.

Begitu tips-tips yang dapat Anda ikuti secara bertahap bila ingin membuka usaha warung kopi. Semoga sukses, ya!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut