get app
inews
Aa Read Next : Pelanggaran Saat Pemilu Paling Banyak Terjadi di Kota Batu, Bagaimana Kronologinya??

Kapolri Listyo Sigit Tekankan Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Banga Indonesia

Kamis, 08 September 2022 | 11:17 WIB
header img
Kapolri Listyo Sigit (istimewa)

Batu, iNews.idKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengunjungi acara Konsolidasi Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah bertema 'Mewujudkan Situasi Kebangsaan yang Damai, Tenang, dan Aman' di Malanhg, Jawa Timur.

Acara tersebut digelar pada hari Rabu, 7 September 2022 kemarin.

Dalam sambutannya, Kapolri Listyo Sigit menjelaskan masalah tiga kekuatan besar yang dipunyai oleh Negara Indonesia

Ketiga kekuatan besar ini diantaranya adalah kepemimpinan Indonesia di dunia, memanfaatkan kekayaan alam di Indonesia dan persatuan serta kesatuan rakyat Indonesia.

Sigit sampaikan, keutamaan jaga rasa persatuan dan kesatuan dari semua elemen bangsa Indonesia untuk selalu jaga kestabilan ketertiban dan keamanan serta tenang, damai dan aman. Seperti dengan topik kegiatan konsolidasi tersebut yang diadakan oleh Angkatan Muda Muhammadiyah.

"Jadi yang namanya persatuan, kesatuan, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika itu tentu saja harus jadi napas di dalam hidup kita sehari-hari, tertanam dalam jiwa sanubari kita dan itu jangan tergantikan," ucap Sigit dalam sambutan acara tersebut.

Untuk selalu dalam koridor persatuan dan kesatuan, Sigit ajak bersama Muhammadiyah dan elemen yang lain dalam rangka lakukan moderasi beragama.

Dengan demikian, Indonesia akan jauh dari munculnya kelompok-kelompok intoleransi, radikalisme dan terorisme yang selalu mengintai.

"Tentu saja Polri melakukan berbagai macam upaya termasuk lakukan moderasi beragama. Karenanya, saya harap peran Muhammadiyah atau Angkatan Muda Muhammadiyah, dan semua elemen bangsa yang lain untuk membantu dalam menyebarluaskan moderasi beragama dan toleransi di kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tutur Sigit.

Lebih dalam, Sigit tekankan, banyak kumpulan yang coba mengusik persatuan dan kesatuan Indonesia dengan upaya mengubah dasar negara Pancasila.

Tetapi, hal tersebut selalu gagal karena, elemen Bangsa Indonesia mempunyai kemauan yang kuat untuk menjaga segala wujud perbedaan yang ada sebagai kekuatan.

"Keberagaman jadi kekuatan dan modal kita untuk dapat melakukan lompatan jauh. Sebaliknya jika keberagaman gampang dipecah dan gampang disusupi dengan isu-isu, maka kita harus ingat perpecahan artinya membuat kita lemah dan disusupi kepentingan asing. Kepentingan beberapa negara yang ingin kuasai apa yang kita miliki sejauh ini," sebut Sigit.

Selanjutnya berkaitan kekuatan kepemimpinan Indonesia di dunia, Sigit menjelaskan, Indonesia dipercayai jadi tuan-rumah Presidensi G-20.

Dalam masalah ini, bisa menjadi momen untuk mengarahkan kebijakan politik dunia dan menggerakkan terbentuknya perdamaian dunia dan membuat Indonesia yang sejahtera.

Karena ada posisi politik bebas aktif Indonesia, hal tersebut menurut Sigit dapat menjadi momen bawa perdamaian dunia, apa lagi di tengah-tengah berlangsungnya konflik Negara Rusia dan Ukraina.

Mengingat, penjuru dunia termasuk Indonesia sekarang mulai rasakan imbas dari berlangsungnya permusuhan kedua bangsa itu.

Jika hal tersebut tidak diantisipasi dan dijaga oleh semua elemen bangsa, kata Sigit, hal tersebut dapat mempengaruhi kestabilan situasi ketertiban dan keamanan warga. Hal tersebut yang perlu dihindari.

"Awalnya kita kira tidak mengganggu, tetapi kemudian berlangsung panjang dan kita mulai terdampak, nyaris di semua sektor baik petani, pebisnis bahkan juga masyarakat. Berbicara lingkungan global, beberapa hal yang penting jadi perhatian. Karena ada banyak hal yang berdampak ke situasi di Indonesia, jika kami diamkan akan berpengaruh ke hal-hal situasi kamtibmas," tutur Sigit.


Kapolri dalam acara Konsolidasi Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah (istimewa)

Kemampuan besar ketiga yang dipunyai Indonesia, disebutkan Sigit, masalah bagaimana Negara Indonesia harus sanggup manfaatkan kekayaan alam.

Dalam masalah ini, Sigit mengutamakan, Pemerintah terus berusaha lakukan transformasi ekonomi dalam rencana lakukan pengendalian sumber daya alam dalam negeri. Tujuannya pasti untuk kesejahteraan semua rakyat Indonesia.

Sigit menguraikan usaha yang telah dilaksanakan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam rencana tingkatkan perkembangan ekonomi Indonesia.

Salah satunya, tingkatkan Produk Domestik Bruto (PDB), kenaikan investasi, hilirisasi industri, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang disebut bentuk pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia.

Lalu, wilayah sebagai basis pembangunan, pemercepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat, pembangunan Otonomi Daerah Baru (ODB).

Menurut Sigit, untuk memberikan dukungan transformasi perekonomian Indonesia tentu saja dibutuhkan SDM yang unggul dan memiliki daya saing, produktivitas bidang ekonomi, ekonomi hijau, transformasi digital, integrasi ekonomi lokal dan perpindahan IKN.

"Kita mempunyai sumber daya alam yang paling luar biasa. Hingga harus benar-benar kita urus secara baik, hilirisasi industri termasuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan transfer knowledge harus berjalan baik. Bagaimana utamanya menjaga persatuan dan kesatuan, ini modal besar," papar Sigit.

Tidak cuma dinamika global yang perlu dicurigai, Sigit berpandangan jika, keadaan lingkungan dalam negeri harus juga jadi perhatian. Apa lagi, tahapan Pemilu 2024 sekarang ini telah dimulai.

Melihat dari acara pesta demokrasi sebelumnya, Sigit tekankan, semua kalangan masyarakat harus berpadu tekad menolak berlangsungnya polarisasi, hate speech, hoax, sampai politik identitas. Karena, lanjut Sigit, hal itu bisa memunculkan perpecahan sesama anak Bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, Sigit mengharap ke semua Angkatan Muda Muhammadiyah untuk saling mendorong ke setiap calon di Pemilu 2024, untuk melahirkan adu program kerja dan ide-ide yang positif untuk perkembangan Bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, Sigit mengatakan, Angkatan Muda Muhammadiyah harus dapat mengingatkan ke semua calon di Pemilu 2024 untuk tidak lakukan hal yang mempunyai potensi melahirkan perpecahan Bangsa Indonesia.

"Saya peringatkan jika ada langkah atau upaya yang menyebabkan perpecahan, teman-teman harus peringatkan," tekan Sigit.

Dengan diwujudkannya proses demokrasi yang mengedepan ide dan menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan, Sigit mengatakan, hal tersebut akan merealisasikan harapan visi Indonesia Emas pada tahun 2045.

"Ke depan kita ingin kandidat mempunyai misi yang bagus, mempersiapakan SDM unggul, merealisasikan transformasi ekonomi untuk ke arah visi Indonesia Emas, dapat manfaatkan bonus demografi. Karena apa, jika terjadi perpecahan bisa terjadi konflik panjang dan pembangunan yang ada terhalang," tutup Sigit.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut