get app
inews
Aa Read Next : 5+ Cara Mengatasi HP Cepat Panas, Mudah dan Tepat

Ketahui Pemicu Handphone Cepat Panas dan Cara Menanganinya

Selasa, 20 September 2022 | 12:06 WIB
header img
ilustrasi hp cepat panas pemicu dan cara mengatasinya (slashgear)

BATU, iNews.id - HP yang cepat panas bisa membuat performa perangkat jadi tidak optimal. Kamu harus tahu pemicu HP cepat panas dan langkah menanganinya supaya tidak terganggu saat melakukan aktivitas dengan handphone.

Bila dibiarkan kelamaan, ini bukan hanya mengganggu performa HP, namun membuat perangkat jadi lebih cepat rusak dan tidak tahan lama.

HP yang cepat panas sebagai salah satunya persoalan umum yang dirasakan pemakai smartphone.

Keadaan ini dapat muncul karena banyak faktor, satu diantaranya ialah detail HP yang kurang oke sehingga bila dipaksakan bekerja terlampau keras akan membuat HP jadi lebih cepat panas.

Untuk menghindar permasalahan semacam ini, kamu harus ketahui beberapa merek HP yang mudah panas supaya bisa meminimalisir keadaan itu.

Sebetulnya terdapat banyak faktor yang dapat mengakibatkan HP jadi cepat panas yaitu sebagai berikut:

Pemicu HP Cepat Panas

Persoalan HP yang cepat panas bisa saja terjadi bila handphone bekerja melewati kemampuan yang dimilikinya. Selain membuat pemakai jadi tidak nyaman, HP yang cepat panas beresiko bisa lebih cepat rusak.

Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, kamu harus ketahui apa pemicu HP android cepat panas dan langkah menanganinya.

Sebelum mengulas bagaimanakah cara menangani HP cepat panas, kenali dahulu beberapa pemicu yang dapat membuat HP cepat panas seperti berikut.

  • Bermain Games Terlalu Lama Jadi Pemicu HP Cepat Panas

HP yang dipakai untuk bermain games akan cepat panas, selain baterainya yang cepat habis.

Keadaan ini benar-benar wajar muncul karena bermain games khususnya games berat seperti Mobile Legend membuat performa GPU HP jadi bekerja lebih keras. Hal inilah sebagai pemicu HP cepat panas.

  • Pemakaian Aplikasi Streaming Terlalu Lama

Rutinitas melihat film atau video lewat HP menjadi pemicu HP cepat panas lho! Apa lagi bila kamu melihatnya sampai marathon atau kelamaan, HP jadi lebih cepat panas.

  • Terlalu Banyak Buka Aplikasi

Jalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan rupanya dapat menjadi pemicu HP cepat panas. Makin bertambah aplikasi yang kamu buka dalam satu waktu, maka semakin cepat panas HP yang kamu pakai.

Tidak itu saja, kebanyakan buka aplikasi akan membuat baterai HP bisa lebih cepat habis.

Langkah Menangani HP Cepat Panas

Untuk menangani HP yang cepat panas, awalnya kamu harus cari tahu lebih dulu apa pemicu HP cepat panas di bagian atas, LCD atau bagian yang lain. Dengan ketahui pemicunya, akan semakin mudah untuk cari jalan keluarnya.

Berikut cara-cara yang dapat kamu kerjakan untuk menangani HP cepat panas.

Pastikan Memakai Charger yang Original

Saat charger HP rusak, cukup banyak orang yang pilih beli charger palsu karena harga tambah murah bila dibanding dengan charger original. Tetapi siapa kira, ini malah menjadi pemicu HP cepat panas.

Tidak itu saja, pemakaian charger palsu bisa juga membuat battery HP bisa lebih cepat rusak.

Matikan Bluetooth dan GPS Bila Tidak Dipakai

Bluetooth dan GPS sebagai dua fitur yang memerlukan akses internet dan daya yang kuat saat diaktifkan. Bila dibiarkan aktif kelamaan, kedua aplikasi ini dapat membuat HP kamu jadi lebih cepat panas.

Untuk membuat suhu HP tidak panas dan menghemat daya baterai, pastikan matikan Bluetooth dan GPS bila sedang tidak dipakai.

Cek Keadaan Baterai HP Secara Berkala

Tahukah kamu apa pemicu HP panas padahal tidak dipakai? Keadaan ini umum terjadi pada HP yang telah lama dipakai. Pemicunya ialah keadaan baterai yang tidak bagus lagi.

Untuk menangani permasalahan ini, segera ganti baterai sama yang baru apabila sudah kedaluwarsa atau rusak. Untuk memeriksa keadaan baterai masihkah bagus atau mungkin tidak, kamu dapat memakai aplikasi CurrentWidget: Battery Monitor.

Istirahatkan HP Sesudah Streaming atau Bermain Games

Siapa di sini yang menyukai streaming video dan bermain games di HP? Hati-hati lho, rutinitas ini dapat menjadi satu diantara pemicu HP cepat panas.

Streaming dan bermain games memerlukan akses internet yang kuat sehingga menguras daya HP. Ini membuat HP jadi lebih cepat panas dan baterai bisa lebih cepat habis.

Hapus File "Sampah" Secara Berkala

Kebiasaan malas bersihkan file sampah di HP rupanya dapat menjadi pemicu HP cepat panas.

Berbagai file sampah seperti data cache sampai cookies yang telah menumpuk membuat CPU dan RAM HP tidak dapat bekerja dengan maksimal. Keadaan ini akan membuat baterai HP jadi lebih cepat panas.

Nah, itulah beberapa pemicu HP cepat panas dan langkah menanganinya supaya tidak mengakibatkan kerusakan pada HP.

Walau sebagai hal yang wajar, bahaya HP panas tidak dapat disepelekan. Selain beresiko untuk perangkat, bila suhu telah terlalu panas dapat mengakibatkan HP meledak bila diletakkan dalam posisi yang kurang aman.

Semoga bermanfaat!

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut