get app
inews
Aa Read Next : Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Cantengan Pada Jempol Kaki, Jangan Sampai Diabaikan

Inilah Penyebab Mesin Cuci Bergetar Kencang Saat Digunakan

Senin, 26 September 2022 | 09:35 WIB
header img
Ilustrasi Mesin Cuci. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Mesin cuci yang bergetar saat digunakan memang wajar, tetapi saat getaran itu semakin kuat berarti terjadi permasalahan yang perlu segera diatasi agar tidak merusak mesin cuci. Ada beberapa penyebab mesin cuci bergetar kencang saat digunakan

Dilansir dari The Spruce, style mesin cuci bukaan depan cenderung lebih bergetar daripada mesin cuci bukaan di atas. Itu karena model efisiensi tinggi mempunyai siklus putaran yang lebih cepat.

Meskipun demikian, Anda harus memeriksa beberapa hal kenapa mesin cuci tetap bergetar saat kegiatan mencuci dilaksanakan.

1. Permukaan Tidak Rata

Mesin cuci memiliki kaki perataan otomatis atau manual, karenanya sangat penting saat pertama kali memastikan jika keempat kaki diletakkan di atas yang rata. Umumnya, kaki mesin cuci akan menyesuaikan tapi jika getarannya tidak berhenti, kemungkinan kaki mesin cuci ada di permukaan tidak rata.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memotong kayu sesuai ukuran mesin cuci, yang diukur dari bagian depan ke dinding belakang selanjutnya letakkan di bawah mesin cuci. Dengan cara ini, mesin cuci ada di atas permukaan yang lebih rata dan dapat mengurangi getarannya.

2. Muatan Tidak Seimbang


Mesin Cuci. (okezone.com)

Satu benda basah besar seperti selimut dapat membuat mesin cuci tidak seimbang saat dalam keadaan diputar atau sedang beroperasi.

Ketidakseimbangan ini menyebabkan mesin cuci bergetar. Dengan menambahkan satu atau lebih handuk atau atur ulang jumlah pakaian yang dicuci dapat mengurangi frekuensi getaran mesin cuci.

Getaran ini bisa juga disebabkan oleh jumlah muatan pada tabung pengering yang berlebih. Untuk mengatasinya, atur kembali pakaian yang ingin dikeringkan. Selain itu, getaran mesin cuci ini karena muatan pakaian yang kurang dalam tabung pengering, sehingga Anda harus menambahkannya.

3. Bantalan Getaran Mesin Cuci

Keadaan lantai yang tidak rata sebagai penyebab mesin cuci bergetar, sehingga memberikan bantalan untuk kaki mesin cuci jadi solusi terbaik untuk mengurangi getarannya. Bantalan ini terbuat dari karet yang sama dengan ukuran kaki mesin cuci sehingga dapat meredam getarannya.

Nah itulah penyebab kenapa mesin cuci bergetar saat digunakan. Semoga berguna!

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut