get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Pahami 7 Penyebab Kuku Kaki Berwarna Hitam dan Menebal

Rabu, 14 September 2022 | 19:41 WIB
header img
Penyebab Kuku Hitam dan Menebal. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Apa Anda memiliki kuku kaki hitam? Masalah ini sering terjadi tanpa Anda sadari. Perubahan warna kuku menjadi hitam bisa disebabkan oleh berbagai keadaan, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena sebagian besar keadaan ini termasuk ringan dan bukan permasalahan serius yang membahayakan kesehatan Anda.

Meskipun begitu, kuku kaki menghitam umumnya kurang nikmat dipandang sehingga lebih baik segera diobati. Saat sebelum melakukan, Anda perlu mengenal beragam penyebab kuku kaki hitam terlebih dahulu untuk menentukan cara penanganan selanjutnya.

Selainnya tidak enak dipandang, kuku jari hitam kadang terasa sakit. Berbagai penyebab kuku kaki hitam yang mungkin terjadi, diantaranya:

1. Mengenakan sepatu yang sempit

Saat Anda menggunakan sepatu yang sempit, kuku kaki Anda berisiko menjadi hitam karena mengalami trauma yang berulang. Tekanan periode panjang pada kuku kaki, khususnya jempol, secara berulang dari sepatu yang kesempitan, dapat menyebabkan banyak masalah, mulai dari luka lecet kecil sampai luka berdarah di bawah kuku. Pendarahan yang terjadi di bawah kuku akan tampak hitam.

2. Menggunakan cat kuku

Cat kuku berwarna merah dan oranye lebih cenderung memicu perubahan warna kuku kaki menjadi kehitaman. Mengoleskan cat kuku ke atas kuku bisa menembus dan menodai lapisan keratin yang lebih dalam. Seterusnya, cat kuku yang tertinggal pada kuku selama satu minggu juga menyebabkan noda.

3. Terhantam benda keras

Kuku kaki hitam dapat disebabkan oleh hantaman benda keras, seperti terkena lemari atau terlindas ban. Keadaan itu bisa menyebabkan jari kaki mengalami cedera sampai trauma. Pembuluh darah di dasar kuku juga pecah sehingga darah terperangkap di sana dan kuku menjadi hitam. Disamping itu, jari kaki juga bisa menjadi bengkak dan terasa menyakitkan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut