get app
inews
Aa Read Next : 5 Rangkaian Skincare untuk Remaja yang Aman dan Tepat

Cara Mudah Merawat Kuku Kaki Agar Tetap Bersih dan Sehat

Selasa, 06 September 2022 | 09:23 WIB
header img
Cara Merawat Kuku Kaki. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Tidak sedikit orang yang lebih fokus pada kuku tangan dibandingkan kuku kaki. Padahal, kuku kaki lebih beresiko mengalami gangguan, seperti infeksi jamur pada kuku kaki. Penyakit ini rentan terjadi pada kaki yang lembap, di mana jamur lebih mudah ada dan berkembang.

Tak hanya infeksi jamur, kuku kaki bisa juga cedera atau terluka karena kesalahan saat melakukan pedicure. Cedera ini dapat membuat kuku kaki mengalami paronikia atau cantengan. Oleh karena itu, penting untuk ketahui cara merawat kuku kaki yang pas supaya terhindar dari keadaan itu.

Kuku kaki menjadi bagian penting tubuh yang mencerminkan kesehatan badan secara menyeluruh. Kuku kaki yang sehat dapat dilihat dari kulit di bawah kuku yang warna merah muda dan bagian kuku kaki yang tumbuh terlihat putih dan bersih. Dalam pada itu, kuku yang berubah warna, misalnya menjadi hitam atau kekuningan, bisa saja menandakan ada keadaan medis tertentu.

Tips Memotong dan Membersihkan Kuku Kaki

Supaya kuku kaki bersih dan sehat, cucilah kaki secara rutin menggunakan air bersih dan sabun, lalu keringkan. Setelah itu, kuku kaki perlu dipotong dan dibersihkan secara rutin supaya tetap sehat.

Tetapi, cara memotong dan membersihkan kuku kaki tidak dapat dilakukan sembarangan. Berikut di bawah ini ialah beberapa langkah tepat dalam merawat kuku kaki:

1. Jangan biarkan kuku kaki terlalu panjang

Anda bisa memotong kuku kaki setiap 1-2 minggu sekali. Jika perlu, gunakan pemotong kuku berkualitas baik dan berukuran besar atau pemotong kuku khusus untuk kuku jari kaki.

2. Potong kuku dengan cara yang betul

Metodenya, potong ujung kuku kaki mengikuti bentuk jari kaki.Lalu, gunakan alat kikir kuku untuk menghaluskan tepian ujung kuku yang baru saja dipotong dan masih terasa kasar.

Jangan sembarangan memotong dan membersihkan kutikula supaya tidak ada infeksi dan membuat kuku kaki terasa sakit. Kutikula sebagai pelindung alami kuku. Jika kutikula dipotong dengan tidak hati-hati, ini bisa meningkatkan resiko infeksi dan menyebabkan kerusakan kuku.

Usahakan tidak untuk memotong kuku kaki terlalu pendek. Selainnya terasa sakit dan bisa membuat kuku kaki tumbuh ke, kuku yang dipotong terlalu pendek rentan pada infeksi.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut