get app
inews
Aa Read Next : Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Cantengan Pada Jempol Kaki, Jangan Sampai Diabaikan

Cantengan Mengganggu Aktivitas Anda? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Selasa, 02 Agustus 2022 | 09:35 WIB
header img
Ilustrasi mengatasi cantengan. (inews.id)

BATU, iNews.id - Cantengan dapat disebabkan karena pertumbuhan kuku yang tidak normal. Kuku seharusnya tumbuh ke luar tetapi karena beberapa sebab mengakibatkan kuku tumbuh ke dalam dan menuruk kulit di sekitaran kuku. 


Masalah yang terjadi di jari dan kuku sebagai masalah yang sangat mengganggu. Walaupun tidak membahayakan nyawa, namun permasalahan ini dapat membuatmu kesulitan dalam aktivitas sehari-hari.

Cantengan sebagai salah satu penyakit yang dialami beberapa orang di Indonesia. Cantengan sebagai kondisi infeksi kuku yang disebabkan karena berbagai kebiasaan sehingga kuku tumbuh menembus kulit dan menyebabkan berbagai hal seperti keluarnya nanah.

Penyakit ini sendiri umumnya diawali dari kebiasaan menggigit kuku, pemotongan kuku yang terlalu dalam, dan permasalahan kuku yang lain. Keadaan ini dapat berujung kuku yang harus dicabut jika dibiarkan terlalu lama.

Beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah bisa sangat membantu menangani masalah ini. Berikut beberapa perawatan sederhana untuk mengatasi cantengan.

Merendam Kaki

Merendam kaki dengan air garam selama 20 menit mampu membantu melembutkan daerah kuku cantengan. Dan merendam kaki di hidrogen peroksida bisa membantu mengurangi rasa sakit dan infeksi.

Cuka Apel

Cuka apel bisa juga kamu manfaatkan untuk dimasukkan ke air rendaman kaki. Bahan alami di dalamnya sanggup mengurangi nyeri infeksi.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut