get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Kucai yang Belum Banyak Diketahui, Bisa Mengatur Tekanan Darah

Pahami 5 Manfaat Buah Pinang Serta Bahaya Mengonsumsi Berlebihan

Selasa, 27 September 2022 | 09:35 WIB
header img
Manfaat Buah Pinang. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Manfaat buah pinang sangat beragam karena di dalamnya terdapat banyak gizi penting yang baik untuk kesehatan. Meski begitu, Anda perlu bijak dalam mengonsumsinya karena ada bahaya yang mengintai bila dikonsumsi secara berlebihan.

Buah pinang atau biji pinang sebagai tanaman yang termasuk dalam jenis palem-paleman. Buah ini sudah sejak lama diketahui mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah pinang kerap digunakan dalam tradisi menyirih oleh sebagian warga Indonesia. Selain itu, buah pinang sudah banyak diolah menjadi jus, kopi, jamu, atau suplemen.

Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan

Manfaat buah pinang bisa diperoleh karena kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, lemak, karbohidrat kompleks, zat besi, vitamin B kompleks, kalsium, fosfor, dan kalium.

Selain itu, buah ini mengandung tanin, flavonoid, dan polifenol, dan bersifat antibakteri dan antiradang sehingga berguna untuk kesehatan. Beberapa manfaat buah pinang yang sayang untuk dilewatkan meliputi:

1. Melancarkan pencernaan

Dalam pengobatan tradisional, buah pinang sering digunakan untuk membunuh parasit, seperti cacing dalam saluran cerna. Buah pinang dapat mengatasi masalah pencernaan lain, seperti perut kembung dan sembelit.

2. Memiara kesehatan mulut

Buah pinang diketahui dapat menjaga kesehatan mulut. Manfaat buah pinang ini bisa diperoleh karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi, karang gigi, dan mulut kering.

3. Mencegah dan mengatasi anemia

Buah pinang mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Ini menjadikan buah pinang sebagai salah satunya makanan yang bisa mencegah dan menyelesaikan kurang darah atau anemia.

Selain buah pinang, anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang lain kaya akan zat besi, seperti daging, hati, ikan, bayam, dan kacang kedelai.

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium yang tinggi pada buah pinang bermanfaat dalam menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Tetapi, manfaat ini tentu dapat diperoleh secara maksimal jika Anda mengimbanginya dengan pola makan sehat, olahraga secara teratur, kurangi asupan garam, dan tidur yang cukup.

5. Menambah energi


Buah Pinang. (iNews.id)

Buah pinang mengandung senyawa alkaloid alami dan zat yang bersifat stimulan. Zat yang terkandung pada buah pinang itu bermanfaat untuk meningkatkan energi dan stamina, dan meningkatkan daya konsentrasi.

Selainnya berbagai manfaat di atas, buah pinang dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan, merangsang produksi air liur, dan mengobati penyakit mata seperti glaukoma.

Jangan Abaikan Bahaya Buah Pinang

Di balik ragam manfaat yang ditawarkan, beberapa penelitian menunjukkan jika buah pinang berpotensi membahayakan kesehatan. Bahayanya dapat ada jika Anda mengonsumsi buah ini terlalu banyak dan sering atau dengan cara-cara tertentu, misalnya bersamaan dengan tembakau.

Ada beberapa bahaya konsumsi buah pinang untuk kesehatan, yaitu:

Menimbulkan peradangan mulut

Kebiasaan mengunyah buah pinang diketahui bisa memicu peradangan dalam mulut. Keadaan ini bisa memicu terbentuknya jaringan parut di rongga mulut, bahkan kanker mulut.

Membuat halusinasi

Buah pinang disebut bisa memicu dampak halusinasi bila dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa riset menyebutkan jika konsumsi buah pinang dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah mental.

Meningkatkan resiko terjadinya kanker

Buah pinang diketahui mengandung karsinogen, yaitu zat yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Beberapa riset mengungkapkan jika penggunaan buah pinang dalam jangka panjang dengan nyirih bisa meningkatkan resiko terkena kanker mulut dan kanker tenggorokan.

Membahayakan kehamilan dan janin

Sampai saat ini, buah pinang belum terbukti aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Bahkan, tak sedikit penelitian yang menyebutkan jika buah pinang berpotensi menimbulkan masalah pada kehamilan, seperti memicu bayi lahir dengan berat tubuh rendah.

Meski manfaat buah pinang melimpah, tetapi jangan abaikan juga risikonya bila terlalu banyak mengonsumsi buah ini. Hingga sekarang ini, tidak ada riset yang menyebutkan jika buah pinang terbukti efektif dan aman dikonsumsi sebagai pengobatan khusus untuk mengatasi berbagai penyakit.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu bila akan menggunakan buah pinang sebagai pengobatan. Dengan begitu, manfaat buah pinang bisa Anda peroleh dengan maksimal.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut