get app
inews
Aa Read Next : Cara Menggunakan Metatrader4 di Android, Gampang Banget!

WhatsApp Versi Lama Ada Celah Keamanan Berbahaya, Buruan Update Sekarang!

Rabu, 28 September 2022 | 11:52 WIB
header img
Aplikasi WhatsApp. (okezone.com)

BATU, iNews.id - WhatsApp menjadi aplikasi yang sangat populer, di mana banyak sekali pengguna smartphone yang memakainya untuk berkomunikasi. Hanya saja, baru-baru ini aplikasi milik perusahaan Meta tersebut memberikan informasi yang cukup penting untuk anda ketahui.

WhatsApp belum lama ini umumkan jika aplikasi versi lawas milik mereka untuk handphone Android dan iOS mempunyai celah keamanan (bug) beresiko. Aplikasi WhatsApp yang diartikan ini ialah WhatsApp Android/iOS versi 2.22.16.12. Disamping WhatsApp "reguler", aplikasi WhatsApp Business Android/iOS dengan versi yang juga sama disebutkan mempunyai bug sama.

Dalam sebuah website resmi mereka, pihak WhatsApp menjelaskan versi WhatsApp itu mempunyai dua celah keamanan yang cukup beresiko apabila diabaikan, masing-masing memilik code "CVE-2022-36934" dan "CVE-2022-27492". Dari kedua code itu, CVE-2022-36934 dipandang lebih beresiko, karena mempunyai skor kekuatan keamanan 9,8 dari rasio 10 alias telah ada di tingkat atas (critical).

Celah keamanan dengan code ini sendiri memungkinkannya peretas (hacker) mengirim code berbahaya lewat panggilan video (video call) WhatsApp. Bila video call itu diterima, karena itu kode-kode ini akan berjalan pada handphone pemakai, dan peretas bisa jadi memasangkan bermacam aplikasi berbahaya, begitupun mengatur perangkat yang terimbas, dari jarak jauh.

Sementara celah keamanan dengan code CVE-2022-27492, yang mempunyai score keamanan 7,8 dari rasio 10, memungkinkannya peretas menyelipkan kode-kode berbahaya lewat sebuah file video yang dikirim lewat WhatsApp. Sebenarnya, WhatsApp telah membenahi kedua celah keamanan tersebut di versi WhatsApp selanjutnya.

Tetapi, beberapa pemakai Android atau iOS peluang masih tetap ada yang memakai versi WhatsApp atau WhatsApp Business versi 2.22.16.12, khususnya mereka yang mematikan fitur pembaruan (up-date) otomatis. Dari pengamatan di situs Play Store dan App Store baru-baru ini, versi WhatsApp dan WhatsApp Business terkini sendiri terdaftar telah ada di versi 2.22.19.76 pengguna Android dan versi 2.22.19.78 untuk pengguna iOS.

Nah, untuk Anda yang mematikan fitur up-date otomatis, sebaiknya untuk mengupdate aplikasi WhatsApp atau WhatsApp Business Anda ke versi terkini selekasnya mungkin. Sebaiknya Anda pun memeriksa versi aplikasi WhatsApp yang dipakai sekarang ini.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut