get app
inews
Aa Read Next : Sekolah Kedinasan Resmi Dibuka, Ada IPDN STAN Dan Lainnya, Berikut Total Formasinya

9 Kebiasaan Orang Sunda yang Khas dan Unik, Buat Orang Lain Betah!

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 20:41 WIB
header img
Kebiasaan Orang Sunda yang Khas. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Indonesia termasuk negara multikultural yang mempunyai beragam suku dan budaya yang masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri. Oleh karena itu, ketahui kebiasaan orang sunda yang khas dan unik.

Etnis mayoritas di Jawa Barat adalah suku Sunda atau umum disebut orang Sunda. Populasi orang Sunda yang banyak, membuat karakter dan karakter suku Sunda ini masih terjaga.

Orang Sunda mempunyai jati diri sebagai identitas. Dari cara bicara dan bahasa yang digunakannya, sampai sifat atau karakteristik orangnya. Misalnya, orang Sunda dikenal lucu, suka bercanda, ramah, sopan santun dan kreatif.

Sunda sebagai suku terbesar kedua di Indonesia setelah Jawa. Orang Sunda atau Urang Sunda banyak mendiami daerah Jawa Barat dan Banten.

9 Kebiasaan Orang Sunda yang Khas dan Unik

Berikut 9 kebiasaan 'Urang Sunda' yang membuat para wisatawan betah.

1. Sangat Menjunjung Tinggi Adat Istiadat

Wisatawan betah untuk berlama-lama di satu daerah dengan Urang Sunda karena mereka masih menjunjung tinggi adat istiadat turun-temurun. Kehidupan Urang Sunda masih kentang dengan adat dari nenek moyang.

2. Menjaga Kesopanan

Urang Sunda memegang teguh pepatah Sunda "Tata titi duduga peryoga" yang mana pepatah itu memiliki arti menjaga etika kesopanan. Pepatah itu tergambarkan dalam kehidupan sehari-hari Urang Sunda yang sangat ramah bahkan pada orang asing atau pendatang sekali juga.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut