get app
inews
Aa Read Next : 10 Makanan dan Minuman yang Bisa Cepat Tua, Nomer 9 Banyak Dikonsumsi Setiap Hari

7 Bisnis Olahan Ikan Lele yang Menjanjikan, Cetak Omzet Jutaan!

Rabu, 12 Oktober 2022 | 10:38 WIB
header img
Bisnis Olahan Ikan Lele. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Lagi memikirkan sebuah ide usaha? Coba saja mulai usaha rumahan dulu. Dalam keadaan ekonomi sulit ini mungkin Anda bingung, punya ide usaha makanan dari rumah tetapi sudah banyak yang serupa. Tak perlu bingung, ini bisnis olahan ikan lele yang menjanjikan. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalani hidup sebagai pembudidaya ikan lele. Selainnya ikan lele dapat dijual mentah ke kilang ikan, pemilik restoran atau warung makan, atau pun para pengecer lele di pasar ikan. Anda bisa juga menjual secara pribadi atau agen untuk makanan olahan dari ikan lele.

7 Bisnis Olahan Ikan Lele yang Menjanjikan

Ada 7 ide bisnis olahan ikan lele yang dapat membuat Anda mempunyai penghasilan tambahan yaitu sebagai berikut:

1. Abon Ikan Lele

Abon sebagai makanan favorit banyak orang karena bisa dijadikan campuran makanan yang lainnya. Abon ikan lele bisa juga dijual di pasaran dengan harga yang lebih mahal. Abon ikan lele rasanya lezat dan dapat dicampur dengan menu makanan lain sebagai santapan pagi, siang, atau pun malam.

Abon ikan lele dapat menjadi aneka oleh-oleh ke para saudara jika ada di luar rumah. Abon ikan lele memang rasanya nikmat sehingga banyak orang yang sengaja memesannya tak perlu susah-susah mencarinya, Anda juga dapat membuat dan menjualnya.

2. Bakso Ikan Lele

Bakso umumnya memang dibuat dari bahan dasar daging sapi dan daging ayam. Tetapi kini juga ada bakso yang terbuat dari ikan lele. Ikan lele dapat dibuat sebagai bagan bakso yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang nikmat.

Bakso ikan lele tetap dapat dibuat semirip mungkin dengan bakso yang terbuat dari daging sapi. Rasanya juga enak sehingga banyak orang yang ingin mencobanya. Bakso ikan lele bisa dijadikan aneka makanan seperti bakso kuah, bakso goreng, dan lain-lain.

3. Ikan Asap Lele

Biasanya ikan asap yang terkenal di daerah Jawa Tengah yaitu mangut atau ikan pari yang sudah diasapi agar lebih awet dan jadi aneka makanan yang enak. Baik itu sambal atau sayur. Ikan lele bisa dijadikan ikan asap yang mempunyai aroma khas.

Ikan lele yang telah diasap memiliki nilai jual lebih mahal daripada ikan lele segar biasa. Ikan lele yang telah diasap rasanya nikmat bila digunakan sebagai sambal atau pun disayur dengan santan.

4. Burger Ikan Lele

Burger umumnya terbuat dari daging sapi atau daging ayam. Tetapi Anda juga bisa menjual burger dengan daging lele. Burger yang terbuat dari daging ikan lele rasanya tidak jauh berbeda dan tetap saja enak. Patty dari ikan lele dapat dibaluri tepung roti dan dimasak sampai matang.

Selanjutnya patty itu dimasukkan ke burger dicampur engan sayuran dan saus. Pasti menjadi burger yang nikmatnya sangat mengena di lidah. Anda juga dapat menjual makanan yang unik ini dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Nugget Ikan Lele


Olahan Ikan Lele. (iNews.id)

Nugget sebagai makanan yang biasanya menggunakan daging ayam atau sapi. Tetapi nugget sebagai makanan simpel yang bahan bakunya dapat dibuat dari apapun. Banyak kini yang menjual nugget isi pisang, buah, sayur, dan lain sebagainya. Anda dapat menjual olahan ikan lele yang disulap menjadi nugget.

Nugget ikan lele rasanya juga lezat. Tambahan bahan yang lain murah dan mudah dicari. Nugget lele tentu saja bisa lebih awet bila disimpan dalam freezer. Anda juga dapat menyimpan nugget lele dalam freezer. Rasanya juga tentunya lebih enak dan nikmat bila digoreng dan dicocol dengan saus.

6. Salad Ikan Lele

Ikan lele sebagai salah satu ikan yang mengandung gizi dan protein tinggi sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Bahkan ikan lele sebagai salah satu sumber makanan yang dapat menyuburkan para pria dan wanita.

Salad ikan lele bisa ditambah dengan apel sehingga rasanya nikmat. Salad ikan lele rasanya tidak kalah lain dengan salad yang lain. Anda dapat menjual aneka olahan ikan lele dengan harga yang terjangkau sehingga akan membuat penjualan Anda semakin laris.

7. Selai Ikan Lele

Banyak orang bilang jika selai harus identik dengan rasa manis pada buah. Padahal tidak, ikan lele juga bisa dijadikan bahan khusus selai. Selai yang terbuat dari ikan lele rasanya nikmat dan sedap. Ikan lele bisa juga dioleskan ke atas roti tawar untuk kemudian dibakar.

Roti bakar yang berisi selai ikan lele tentu rasanya unik dan citarasa nikmatnya kuat. Roti bakar memang salah satu menu yang banyak ditunggu-tunggu saat sarapan. Anda juga dapat menikmati sensasi roti bakar ini dengan kualitas yang sangat baik.

Itulah ide bisnis olahan ikan lele yang menjanjikan. Selamat mencoba!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut