get app
inews
Aa Read Next : 5 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Secara Online dengan Cepaf

5+ Tips Beli HP Bekas Agar Tidak Kena Tipu, Anti Nyesel!

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 13:39 WIB
header img
Tips Beli HP Bekas. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Handphone bekas atau HP bekas sering menjadi pilihan untuk masyarakat yang ingin mempunyai ponsel dengan bujet yang terbatas. HP bekas menjadi opsi tentu, karena HP bekas lebih murah dibandingkan HP yang baru. Namun perlu diketahui tips beli HP bekas agar tidak kena tipu dijamin nggak bakal nyesel.

Membeli HP bekas bisa juga dilakukan saat pengguna merasa perlu memiliki HP dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Misalnya, membeli HP dengan RAM yang lebih tinggi, atau membeli HP dengan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi, atau membeli HP yang sudah mempunyai jaringan 4G atau 5G.

Tetapi, tidak sedikit pembelian HP atau handphone bekas justru berakhir tidak menyenangkan, karena HP bekas yang dibeli memiliki bermasalah. Untuk mencegah terjadinya hal itu, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu dilakukan saat membeli handphone atau HP bekas, yaitu:

5+ Tips Beli HP Bekas Agar Tidak Kena Tipu

1. Cek koneksi WiFi

Cek koneksi HP itu dengan menghubungkan ke WiFi. HP bekas tidak memiliki jaminan jika semua fitur dan fungsi masih berjalan optimal. Ada kemungkinan jika riwayat penggunaan awalnya mengakibatkan koneksi ke WiFi tidak berfungsi.

Cukup sambungkan HP itu ke jaringan WiFi terdekat. Jika tidak ada Anda dapat menggunakan tethering untuk membagi koneksi Anda. Cara ini berfungsi untuk pembelian HP Android dan iOS bekas.

2. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan

Membeli sebuah perangkat baik bekas atau baru, tidak ada salahnya menyesuaikan spesifikasi perangkat dengan kebutuhan penggunaan. Misal, pilihlah HP dengan kamera yang cukup bagus bila memang kebutuhan pada fitur kamera sangat diperlukan.

Dengan menyesuaikan fungsi dengan kebutuhan, Anda bisa juga mengirit pengeluaran yang dikeluarkan. Misal, Anda hanya membutuhkan HP yang memiliki RAM lebih besar dibandingkan HP awalnya. Maka Anda, dapat membeli HP dengan RAM yang lebih tinggi sebagai prioritas fungsi yang dibutuhkan.

3. Cek IMEI

Cara ini sangat penting untuk dilakukan. Karena, bila IMEI HP bekas itu tidak terdaftar, karena itu HP akan diblokir dan tidak dapat terhubung dengan operator seluler di Indonesia.

Cara mengecek IMEI pada HP bekas bisa dilakukan dengan melihat IMEI di kardus kemasan HP itu. Bila tidak diberikan oleh penjual, Anda dapat mengecek IMEI dari dalam HP.

Untuk mengecek IMEI dari dalam HP anda cukup menelpon *#06# lalu nomor IMEI akan ada di layar HP itu. Pastikan jika nomor IMEI di layar sama dengan nomor IMEI di kardus kemasan.

Tidak ada salahnya Anda mengecek IMEI itu terdaftar atau tidak di laman imei.kemenperin.go.id. Laman tersebut berfungsi untuk mengecek terdaftar atau tidak sebuah HP untuk dapat digunakan di Indonesia. Cara ini dapat digunakan baik untuk HP Android atau iOS bekas.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut