get app
inews
Aa Read Next : 5 Ide Jualan di Bulan Ramadhan yang Paling Laris Bisa Dicoba

3 Ide Bisnis Dari Batok Kelapa yang Menguntungkan

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 20:23 WIB
header img
Ide Bisnis Dari Batok Kelapa. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Batok kelapa sebagai bahan tidak berguna yang hanya dapat teronggok di tempat sampah. Kendati sering dianggap tidak bermanfaat, siapa yang menyangka limbah kelapa bisa juga bernilai ekonomi. Untuk memanfaatkannya ada ide bisnis dari batok kelapa yang menguntungkan

Berikut ini adalah ide usaha dari batok kelapa yang bisa menjadi ide bisnismu.

3 Ide Bisnis Dari Batok Kelapa

1. Campuran Obat Nyamuk

Batok kelapa sebagai bahan campuran pembuatan obat nyamuk bakar. Caranya dengan mencampurkan batok kelapa yang telah diolah menjadi tepung dengan bahan-bahan kimia lain.

Tepung yang dibuat dari batok kelapa berfungsi menghambat laju pembakaran pada obat nyamuk. Untuk memulai usaha ini pengepul batok kelapa perlu bekerja sama dengan produsen obat nyamuk sebagai pemasok bahan.

2. Media Tanam

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB) berinovasi dengan membuat Organic Coco Media. Dilansir dari laman Agriwarta UB, organic coco media sebuah media tanam hortikultura yang dibuat dari sabut kelapa.

Media tanam ini memanfaatkan batok kelapa yang banyak ditemukan di pasar tradisional. Di samping langsung ditanami tumbuhan, sabut kelapa ini juga bisa dimanfaatkan sebagai suvenir.

Media tanam dengan sabut kelapa memiliki beragam keunggulan. Salah satunya tidak membutuhkan tempat yang luas sehingga sangat cocok dimanfaatkan di kawasan perkotaan.

Di samping itu, media tanam dari sabut kelapa cocok untuk jenis tanaman apa. Dengan demikian, tanaman yang menempatinya juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti anggrek atau sayuran.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut