get app
inews
Aa Read Next : 7 Kota Terkecil di Indonesia, Nomor 4 Pernah Jadi Ibukota Negara

5 Kebiasaan Suku Dayak yang Menarik dan Unik, Perlu Dilestarikan!

Selasa, 25 Oktober 2022 | 15:32 WIB
header img
Kebiasaan Suku Dayak. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Indonesia sudah dikenal luas oleh dunia internasional sebagai negara yang terdiri atas ratusan suku bangsa dengan bahasa, budaya, dan adat kebiasaan yang beragam.

Ratusan suku bangsa ini tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia, tidak terkecuali di pedalaman hutan Kalimantan. Ada banyak suku adat yang tinggal di Pulau Kalimantan, namun yang paling mendominasi adalah Suku Dayak.

Suku Dayak sebagai suku bangsa yang terbiasa hidup di alam liar pedalaman hutan tropis. Ada sekitar enam rumpun Suku Dayak di Pulau Kalimantan, semuanya memiliki adat dan adat kebiasaan yang cukup unik, berikut beberapa diantaranya.

5 Kebiasaan Suku Dayak yang Menarik dan Unik

1. Mengantarkan Tulang Belulang Leluhur

Saat waktu tertentu masyarakat Suku Dayak akan mengantar tulang berlulang leluhur yang telah meninggal melalui Upacara Tiwah. Acara pelaksanaan upacara ini digelar sangat meriah dengan banyak ritus, tarian, dan pertunjukan musik tradisional.

Dalam Upacara Tiwah, tulang belulang itu dibawa dan diletakkan di Sandung, sebuah rumah kecil khusu untuku orang meninggal.

2. Tato Alami

Tato untuk Suku Dayak dikenal dengan istilah tutang, setiap motif tato memiliki makna dalam yang kuat kaitannya dengan kepercayaan ke leluhur.

Masyarakat Suku Dayak yang akan membuat tato diharuskan menjalani ritual-ritual tertentu terlebih dahulu. Menurut kepercayaan Suku Dayak, tato ini akan berubah menjadi warna emas dan menjadi penerang jalan menuju alam keabadian selesai kematian.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut