get app
inews
Aa Read Next : 5 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Secara Online dengan Cepaf

3 Cara Mengatasi Data Seluler yang Tidak Berfungsi di HP Android

Rabu, 26 Oktober 2022 | 16:37 WIB
header img
Cara Mengatasi Data Seluler yang Tidak Berfungsi. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Data seluler terkadang tidak berfungsi dengan baik, meskipun mengguna sudah menghidupkannya. Tanpa data seluler, karena itu pengguna tidak dapat mengakses apapun.

Dilansir laman Make Tech Easier, berikut tiga cara memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi di Android:

3 Cara Mengatasi Data Seluler yang Tidak Berfungsi di HP Android

1. Setel ulang APN

APN atau Access Point Names adalah sarana yang digunakan penyedia jaringan seluler untuk menghubungkan handphone pengguna ke internet. Ini mengatur perangkat dengan semua pengaturan penting seperti alamat IP dan gateway untuk membuat perangkat pengguna terhubung.

2. Setel ulang koneksi jaringan

Salah satu cara paling sederhana ialah memasukkan SCRTN atau kode khusus untuk mengatur ulang jaringan di perangkat. Sebagai catatan, kode ini hanya akan berfungsi untuk handphone yang menggunakan jaringan CDMA.

Untuk handphone Google Pixel, pengguna dapat memasukkan kode *#*#72786#*#*. Pengguna handphone Nexus 5, Nexus 6, Moto G5 dapat menggunakan kode #*#*72786#*#*. Sementara untuk perangkat Android lainnya dapat menggunakan kode ##72786#.

3. Gunakan Mode Pesawat

Memakai mode pesawat patut dicoba untuk memancing sinyal jaringan. Hidupkan mode pesawat dan tunggu 30 detik lalu matikan mode pesawat.

Jika jaringan belum berfungsi, hidupkan kembali mode pesawat, matikan ponsel, tunggu sesaat lalu hidupkan kembali telpon seluler, matikan mode pesawat, dan tunggu selama 30 detik kemudian hidupkan data seluler.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut