get app
inews
Aa Read Next : 7 Kota Terkecil di Indonesia, Nomor 4 Pernah Jadi Ibukota Negara

5 Kebiasaan Orang Papua yang Unik Jarang Diketahui Orang

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 10:34 WIB
header img
Kebiasaan Orang Papua yang Unik. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Indonesia sebagai negara multikultural yang terdiri dari ratusan suku bangsa dengan bahasa, budaya, dan adat kebiasaan yang unik. Seperti kebiasaan orang papua yang unik yang jarang diketahui orang

Ratusan suku bangsa ini tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia, tidak terkecuali di wilayah Pulau Papua di ujung timur yang meliputi Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua.

Beberapa suku adat yang tinggal di Pulau Papua terbiasa hidup di alam liar pedalaman hutan tropis. Suku-suku ini dikenal luas karena mempunyai tradisi dan adat kebiasaan yang unik, beberapa diantaranya sebagai berikut.

5 Kebiasaan Orang Papua yang Unik 

1. Tari Perang

Tari Perang sebagai salah satu tarian yang menggambarkan jiwa kepahlawanan dan kegagahan masyarakat Papua. Tarian ini biasanya dipentaskan sebagai pengobar api semangat saat akan berperang dengan suku lainnya.

Tari Perang dilakukan oleh sekelompok pria dengan panah, parang, dan berbagai senjata lainnya. Karena persaingan antara suku tidak ada, kini Tari perang lebih sering dipentaskan untuk menyambut tamu yang datang berkunjung ke wilayah mereka.

2. Ahli dalam Menjinakkan Hewan

Karena hidup di alam liar, beberapa suku pedalaman di Papua dituntut untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan alam yang penuh dengan bahaya.

Salah satu bentuk adaptasi itu ialah kemampuan untuk menjinakkan berbagai hewan liar seperti anjing dan babi hutan. Anjing biasanya dijinakkan dengan mengikat satu bagian kaki depannya, dan babi dijinakkan dengan menusuk satu matanya.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut