get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi 7 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan, Berpotensi Cuan!

Inilah 7 Dokumen Penting yang Harus Kamu Bawa Saat Melamar Pekerjaan, Jangan Sampai Tertinggal

Minggu, 06 November 2022 | 19:25 WIB
header img
Ilustrasi persyaratan dalam melamar pekerjaan (Foto:Ist)

BATU, iNews.id - Dalam mendapatkan sesuatu, pasti harus ada usaha yang dilakukan. Salah satunya melamar pekerjaan, pasti terdapat berbagai persyaratan melamar pekerjaan yang harus dipersiapkan agar bisa diterima bekerja di suatu perusahaan.

Pekerjaan memang suatu hal yang wajib dikerjakan oleh semua orang. Sebab pekerjaan merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan dan diselesaikan. Banyak sekali bentuk pekerjaan mulai dari pedagang hingga pilot dan lain sebagainya.

Pasti semua orang ingin mendapatkan pekerjaan yang nyaman dan juga mampu memberikan upah yang cukup untuk seseorang menghidupi kebutuhan rumah tangga ataupun keluarga.

Untuk mendapatkan pekerjaan, pasti harus melakukan berbagai usaha seperti mencari pekerjaan, melamar pekerjaan di suatu instansi tertentu, dan lain sebagainya.

Salah satu bentuk usaha untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan cara melamar pekerjaan. Namun dalam melamar pekerjaan tida bisa dilakukan sembarangan tanpa persyaratan yang harus dipenuhi.

Terdapat berbagai persyaratan yang harus disiapkan untuk melamar pekerjaan, berikut 7 dokumen penting yang wajib kamu bawa saat melamar pekerjaan di perusahaan tertentu:

1. Surat Lamaran Kerja

Persyaratan pertama yang harus disiapkan dalam melamar pekerjaan ialah surat lamaran kerja.

Surat ini berfungsi untuk menjelaskan ketertarikan pelamar pada perusahaan tertentu, jika pelamar mencari pekerjaan dan menawarkan diri untuk dipekerjakan oleh perusahaan.

2. Curriculum Vitae

Persyaratan selanjutnya adalah curriculum vitae atau yang umum disingkat CV.

Curriculum vitae dapat dipandang seperti daftar riwayat hidup karena didalamnya meliputi data diri, alamat e-mail, nomor telepon, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan skill atau potensi yang dimiliki.

Biasanya, perekrut tidak mempunyai banyak waktu untuk memperhatikan CV pelamar satu per satu.

Maka dari itu, CV bagusnya dibuat ringkas dan semenarik mungkin. Jenis CV yang dipakai dapat disesuaikan dengan posisi yang dilamar dan sistem pengumpulannya.

3. Foto copy Kartu Identitas

Foto copy kartu identitas menjadi persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar kerja pada sebuah perusahaan, walau tidak seluruhnya perusahaan menjadikan foto copy kartu identitas sebagai persyaratan lamaran.

Persyaratan ini bisa dipakai oleh perusahaan untuk validasi data pelamar.

4. Ijazah dan Transkrip Nilai

Persyaratan setelah itu riwayat pendidikan terakhir dan transkrip nilai. Ini dibutuhkan untuk menunjukkan atau mendukung legalitas dari informasi yang sudah ditulis sebelumnya dalam curriculum vitae atau surat lamaran kerja.

5. Foto copy Sertifikat-Sertifikat Keterampilan Lainnya

Persyaratan selanjutnya yang dibutuhkan dalam lamaran kerja ialah foto copy sertifikat keterampilan.

Sertifikat ini bisa berbentuk sertifikat seminar, pelatihan, dan perlombaan yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Ini dapat membuat perusahaan memberikan nilai tambahan untuk calon.

6. Foto copy SKCK

Persyaratan setelah itu foto copy SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

SKCK sebagai dokumen yang memperlihatkan catatan kriminalitas atau kejahatan seseorang. Perusahaan bisa jadikan foto copy SKCK sebagai persyaratan lamaran kerja untuk menghindari kejadian buruk yang bisa berpengaruh pada nama baik perusahaan.

7. Pas Foto Terbaru

Persyaratan selanjutnya yang perlu dalam melamar pekerjaan ialah pas foto terbaru.

Biasanya, perusahaan mempunyai persyaratan pas foto yang berbeda. Pas foto terbaru bermanfaat untuk menunjukkan umur atau kondisi terkini supaya tidak memunculkan kekeliruan.

Nah itulah dokuumen penting yang harus dibawa saat melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut