Logo Network
Network

 3 Cara Buka Situs yang Diblokir Android Dengan Mudah

bayu pratama
.
Sabtu, 26 November 2022 | 18:44 WIB
 3 Cara Buka Situs yang Diblokir Android Dengan Mudah
Cara Buka Situs yang Diblokir Android. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ada beberapa alasan kenapa sejumlah situs web diblokir oleh Kominfo, misalnya karena situs tersebut mengandung konten yang terlalu vulgar/dewasa, atau karena produk/jasa yang dipamerkan di dalam situs adalah ilegal.

Sayangnya, ada beberapa situs yang tidak melanggar aturan tapi ikut terkena dampak pemblokiran, seperti Reddit dan Tumblr. Pasti sangat kesal kan jika situs bermanfaat malah tidak bisa diakses? Tapi mulai sekarang, Kakak bisa buka kembali situs-situs tersebut dengan cara di bawah ini.

Cara Buka Situs yang Diblokir Android

1. Gunakan Orbot

Orbot adalah aplikasi proxy gratis yang sepertinya tidak banyak diketahui orang padahal sangat efektif, untuk mengakses situs web yang diblokir di ponsel cerdas dan tablet berbasis Android.

Aplikasi yang dikembangkan oleh The Tor Project ini akan mengenkripsi data internet Kakak, sehingga Kakak bisa mengakses situs web, pesan, dan email yang diblokir tanpa ancaman dipantau atau diblokir lagi oleh Kominfo. Jika ingin mencoba Orbot, ini dia langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi Orbot dari google play store dan install.
  • Buka aplikasi dan tekan ikon yang mirip tombol power selama beberapa detik.
  • Selanjutnya aplikasi akan mengarahkan Kakak untuk menginstall "Orweb" (sebuah browser yang nantinya bisa Kakak gunakan untuk mengakses situs web apapun tanpa batasan).
  • Sekarang buka "Orweb" dan cobalah membuka situs web yang tadinya terblokir.

2. Gunakan Aplikasi VPN

Sudah menjadi rahasia umum jika VPN (Virtual Private Network) adalah salah satu cara paling populer untuk membuka berbagai situs web yang diblokir. VPN ini sendiri hadir dalam bentuk aplikasi yang kini sudah banyak tersedia di Google Play Store. Jadi, aplikasinya ini resmi, ya.

Nah, salah satu aplikasi VPN yang banyak digunakan adalah "Hola Unblocker". Selain bisa mengakses situs web yang diblokir untuk perangkat Android, aplikasi ini juga bisa memampatkan data yang dikirim melalui internet lho, yang akhirnya bisa meningkatkan kecepatan penelusuran.

Bagian terbaiknya adalah, Kakak tidak perlu membuat akun (registrasi) untuk bisa menggunakan Hola. Cara buka situs yang diblokir Android dengan Hola Unblocker sangat mudah, kok.

Kakak hanya perlu mendownload aplikasinya dari google play store > buka aplikasi > dan masukkan URL situs web yang ingin Kakak buka di kolom URL yang sudah disediakan di dalam aplikasi, dan selesai.

Karena Si Hola ini sudah dilengkapi dengan browser built-in, selain bisa membuka web, Kakak juga bisa membuka aplikasi yang dibatasi secara geografis, lho. Caranya dengan menginstall dulu aplikasi yang dimaksud, lalu Kakak buka Hola dan buka aplikasinya dari dalam Hola.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.