get app
inews
Aa Read Next : Cara Menggunakan Metatrader4 di Android, Gampang Banget!

5 Cara Mengatasi System UI Telah Berhenti di Android

Senin, 28 November 2022 | 07:35 WIB
header img
Cara Mengatasi System UI Telah Berhenti. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Hai Kak, apa kabar? Semoga baik-baik saja, ya! Saya akan membahas topik yang berhubungan dengan tekno, yakni cara mengatasi system UI telah berhenti di Android. Pasti kepo, kan? Yuk, simak ulasan lengkap di bawah ini.

“Unfortunately the system UI has stopped”, “System UI has stopped”, atau “System Interface is not responding” adalah beberapa contoh pesan error yang ditampilkan di layar smartphone Android saat ada masalah dengan sistem UI.

UI sendiri adalah singkatan dari "User Interface", yang didefinisikan sebagai elemen visual apa pun yang ditampilkan di layar yang bukan merupakan bagian dari aplikasi. Karena sejumlah alasan, UI bisa mengalami error, yang cara mengatasinya akan dijelaskan di bawah ini:

Cara Mengatasi System UI Telah Berhenti di Android

1. Bersihkan Cache

Cache adalah data-data sementara yang disimpan oleh sistem UI sistem setiap hari. Terlalu banyak tumpukan cache akan membuat sistem UI bermasalah. Karena itu, Kakak harus rajin membersihkan cache dengan cara berikut ini:

  • Buka menu "Settings" dan pilih sub menu "Manajemen aplikasi".
  • Setelahnya pilih tab "Diinstall". Sekarang Kakak akan melihat daftar aplikasi apa saja yang terinstall di Android. Klik satu per satu nama aplikasi ini dan klik tulisan "Hapus cache" / “Clear cache”.
  • Jika pesan error tadi masih ada, Kakak bisa coba restart HP.

2. Install Aplikasi Pembersih

Aplikasi cleaner alias pembersih adalah aplikasi yang fungsi utamanya adalah membersihkan tumpukan data-data yang sebenarnya sudah tidak terpakai (mirip dengan data cache), sehingga sistem UI menjadi lebih ringan dan stabil.

Dengan kata lain, aplikasi pembersih bisa membantu mencegah error pada sistem. Contoh dari aplikasi pembersih ini ada banyak sekali, beberapa di antaranya adalah "Clean Master”, “CCleaner”, dan “Avast Cleaner”.

Kakak hanya perlu install salah satu aplikasi ini (bisa dari Play Store atau dalam bentuk file APK dari situs web pihak ketiga), kemudian buka aplikasi dan klik tombol “Cleaner” (pembersih) yang ada di dalam aplikasi tersebut sesuai dengan petunjuk yang ada.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut