get app
inews
Aa Read Next : Festival Sego Ampok di Kota Batu Bentuk Pelestarian Makanan Tradisional

10 Makanan Khas Indonesia Terenak, Terkenal sampai Mancanegara

Selasa, 29 November 2022 | 15:37 WIB
header img
Makanan Khas Indonesia Terenak. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Makanan khas Indonesia sangat bermacam - macam, lezat, serta sebagian di antara lain populer sampai luar negara. Tidak cuma menaruh destinasi - destinasi nan indah, Indonesia pula mempunyai macam kuliner khas yang pastinya tidak asing lagi untuk Kamu.

Makanan asli Indonesia ini juga telah populer lezat sampai diakui oleh dunia, sehingga pastinya Kamu tidak bisa jadi tidak mengetahuinya. Terlebih, tipe kulinernya juga beragam serta tiba dari bermacam wilayah di Indonesia.

Makanan - makanan khas Indonesia bukan lagi tidak asing untuk Kamu, namun pula bisa jadi jadi kesukaan Kamu serta keluarga. Kemudian, apa saja makanan khas Indonesia yang sangat terkenal?

10 Makanan Khas Indonesia Terenak

1. Rendang

Makanan khas Indonesia yang terkenal sampai mancanegara merupakan rendang. Rendang ataupun randang merupakan masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau.

Makanan ini sangat terkenal di Indonesia serta wilayah- wilayah Asia Tenggara sebab kelezatannya. Apalagi, saking terkenal serta lezat, rendang sudah dinobatkan selaku hidangan yang menduduki peringkat awal dalam catatan Worlds 50 Most Delicious Foods tipe CNN International.

2. Rawon

Makanan khas Indonesia di urutan selanjutnya merupakan rawon. Masakan berkuah asal Surabaya ini belum lama ini mencapai prestasi selaku hidangan sup terenak se- Asia.

Rawon, semacam yang kita ketahui merupakan sup daging berkuah gelap dengan kombinasi bumbu khas yang memakai kluwek. Makanan ini populer di Pulau Jawa, spesialnya Jawa Timur.

3. Sate

Selanjutnya terdapat sate ataupun satai, makanan khas Indonesia yang banyak ditemukan serta memiliki bermacam- macam tipe cocok dengan wilayah tiap- tiap.

Ini ialah makanan berbentuk daging, baik ayam, sapi, ataupun kambing, yang dipotong kecil- kecil serta ditusuk sedemikian dengan tusukan lidi, kemudian dipanggang memakai bara arang kayu. Sate setelah itu disajikan dengan bermacam berbagai bumbu yang bergantung dengan alterasi formula sate.

4. Soto

Makanan khas Indonesia berikutnya merupakan soto. Walaupun banyak variasinya, soto pada biasanya merupakan hidangan berkuah semacam sup yang dibuat dari kaldu daging serta sayur- mayur.

Bermacam wilayah di Indonesia mempunyai soto khas daerahnya tiap - tiap dengan komposisi yang berbeda- beda, misalnya soto Madura, soto Kediri, soto Pemalang, soto Lamongan, soto Jepara, soto Semarang, soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, sampai coto Makassar.


Nasi Goreng. (okezone.com)

5. Nasi Goreng

Makanan khas Nusantara yang sangat populer di luar negara merupakan nasi goreng. Nasi goreng pula diketahui selaku masakan nasional Indonesia. Cocok namanya, nasi goreng merupakan hidangan nasi yang digoreng.

Biasanya, nasi digoreng bersama kecap manis, bawang merah, bawang putih, lada serta bumbu- bumbu yang lain. Setelah itu disajikan bersama telur, ayam, serta kerupuk.

6. Gado - gado

Makanan khas Indonesia yang pula masuk ke dalam jajaran masakan nasional Indonesia merupakan gado- gado. Ini ialah masakan asal Jakarta yang dibuat dari sayur- mayur yang direbus serta dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang ataupun saus dari kacang tanah serta yang dihaluskan diiringi irisan telur. Rasa gado- gado terus menjadi mantap bila ditambah taburan bawang goreng serta kerupuk.

7. Bakso

Berikutnya terdapat bakso. Walaupun sesungguhnya makanan ini berasal dari seni kuliner Tionghoa- Indonesia, tetapi hidangan ini identik dengan Indonesia. Ini ialah jajanan yang sangat terkenal di Indonesia, serta terdapat di tiap sudut kota. Mulai dari gerobak orang dagang kaki 5 sampai restoran besar.

8. Ketoprak

Makanan khas Indonesia yang terkenal selanjutnya merupakan ketoprak. Ketoprak ialah kuliner yang memakai ketupat serta bahan- bahan yang lain meliputi ketahui, bihun, mentimun, taoge, serta dapat pula mengenakan telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap manis, serta taburan bawang merah goreng. Lebih mantap lagi bila disajikan dengan taburan kerupuk di atasnya. Yummy!

9. Pempek

Berikutnya terdapat pempek ataupun empek- empek. Makanan ini asalnya dari Palembang, Sumatera Selatan. Makanan ini dibuat dari daging ikan yang digiling lembut, dicampur tepung kanji ataupun tepung sagu, dan komposisi sebagian bahan lain.

Misalnya, telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, serta garam. Pempek umumnya disajikan dengan kuah cuka yang mempunyai rasa asam, manis, serta pedas.

10. Bubur Ayam

Terakhir merupakan bubur. Makanan ini pula memiliki macam alterasi bergantung dari wilayah asalnya. Pada biasanya, bubur disajikan dengan irisan daging ayam dengan sebagian bumbu, semacam kecap asin serta kecap manis, merica, garam, serta kadang- kadang diberi kaldu ayam.

Hidangan ini pula dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai( sayur asin), cakwe, serta kerupuk. Kamu regu diaduk ataupun tidak diaduk?

Itulah makanan khas Indonesia terenak terkenal sampai mancanegara yang menyukai kuliner. Semoga bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut