Kenali Penyebab Tenggorokan Berlendir dan Cara Meredakannya

Supriyono
.
Rabu, 30 November 2022 | 13:39 WIB
Penyebab Tenggorokan Berlendir. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Tenggorokan berlendir dapat menimbulkan rasa tidak aman, sehingga Anda seolah merasa butuh mensterilkan tenggorokan terus menerus. Kenali penyebab tenggorokan berlendir dan cara meredakannya.

Sakit tenggorokan, suara serak, dan batuk pula dapat menyertai keadaan ini. Walaupun tidak beresiko, Kamu hendaknya mengenali penyebab di balik keadaan ini dan cara mengatasinya supaya tidak terjalin kembali.

Lendir secara wajar dibuat oleh bermacam bagian badan. Pada tenggorokan, lendir berperan melindungi kelembapan zona ini dan memerangkap barang dan organisme asing, semacam kotoran, debu, parasit, virus, dan kuman, sehingga tidak masuk lebih dalam ke saluran respirasi.

Penyebab Tenggorokan Berlendir dan Cara Meredakannya

Tetapi pada sebagian keadaan, penciptaan lendir di tenggorokan dapat jadi sangat banyak. Tidak hanya itu, lendir dari hidung pula dapat turun dan menumpuk di tenggorokan. Keadaan ini diucap postnasal drip.

Bermacam Penyebab Tenggorokan Berlendir

Badan memproduksi lendir dekat 1- 1, 5 liter tiap harinya. Tetapi, jumlah ini dapat meningkat kala Kamu hadapi sebagian keadaan berikut:

  • Alergi, misalnya alergi terhadap debu ataupun serbuk sari.
  • Infeksi dan infeksi pada sinus( sinusitis).
  • Kehamilan.
  • Pilek dan flu.
  • Perubahan cuaca, jadi lebih dingin ataupun kering.
  • Mengonsumsi santapan tertentu yang sangat pedas.
  • Terpapar asap ataupun uap dari bahan kimia, parfum, produk pembersih, kendaraan, dan rokok.
  • Dampak dari pemakaian obat- obatan tertentu, semacam obat pengendali tekanan darah.

Cara Gampang Meredakan Tenggorokan Berlendir di Rumah

Terdapat bermacam cara gampang yang bisa Kamu jalani buat menanggulangi tenggorokan berlendir, ialah:

1. Minum air putih yang banyak dan sup hangat bergizi

Bila dibiarkan, lendir pada tenggorokan hendak mengental dan membuat Kamu terus menjadi merasa tidak aman. Hingga dari itu, lendir butuh diencerkan. Salah satu triknya merupakan perbanyak minum air putih. Cara ini pula menolong tenggorokan senantiasa lembap, sehingga terasa lebih aman.

Tidak hanya minum air putih, sup ataupun teh hangat pula dapat jadi alternatif. Tidak cuma mengencerkan lendir, uap hangat dari sajian ini pula bisa berikan rasa aman dan menolong menyejukkan tenggorokan dan hidung yang tersumbat.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini