get app
inews
Aa Read Next : 10 Makanan Khas Indonesia Terenak, Terkenal sampai Mancanegara

7 Makanan Khas Jawa Terenak dan Terkenal, Bikin Ketagihan!

Rabu, 30 November 2022 | 16:41 WIB
header img
Makanan Khas Jawa Terenak dan Terkenal. (okezone.com)

Tahu campur. (okezone.com)

4. Tahu campur

Untuk orang Jawa Timur, pasti tidak asing kembali saat mendengar nama menu tahu campur. Tahu campur adalah makanan khas Jawa yang biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima.

Tahun campur dengan rasa gurih dan manis yang sangat khas di daerah Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah. Tahu campur mudah ditemukan di Lamongan, Surabaya, sampai Sidoarjo. Masakan ini terbuat dari berbagai isian seperti sayur, lentho singkong, tahu, sampai daging atau tetelan sapi.

Makanan tradisional Jawa ini disajikan dengan petis udang hitam sebagai bumbu kuahnya yang membuat nikmat. Tidak lupa disajikan juga dengan kerupuk sebagai pelengkapnya.

5. Lodho ayam

Lodho ayam adalah makanan khas Jawa yang berasal dari Pantai Selatan Jawa Timur, tepatnya daerah Trenggalek dan Tulungagung. Kuliner ini biasanya terbuat dari ayam kampung yang telah diolah lebih dahulu lalu diolah kembali dengan santan. Biasanya ayam lodho dibakar lebih dulu atau dipresto lebih dulu.

Biasanya, ayam lodho disajikan bersama nasi uduk dan sayuran urap. Kombinasi bumbu yang cocok dengan gurihnya ayam makanan khas Jawa ini dijamin buat lupa diri.

6. Soto Kudus

Berkuah bening soto khas Kudus enak dimakan hangat. Bumbunya gurih ringan dengan isian suwiran ayam kampung. Cocok jadi penghangat badan. Itulah makanan khas Jawa bernama soto Kudus.

Sesuai namanya, makanan tradisional Jawa ini berasal dari Kudus Jawa Tengah. Soto Kudus ini dapat dinikmati langsung dicampur nasi atau dipisah. Tergantung selera. Soto kudus biasa disajikan dengan tambahan perkedel, tempe goreng, sate jeroan, sate telur puyuh.

7. Bacem

Makanan khas Jawa selanjutnya yaitu bacem. Warna cokelatnya yang khas dan rasanya yang manis membuat banyak masyarakat menyukainya. Tetapi, bacem bukanlah bentuk makanan, tetapi justru suatu proses memasak.

Bacem ialah teknik pengolahan makanan dengan didominasi oleh gula Jawa. Dan gula yang rasanya manis sama dengan masakan Jawa. Selain itu, bacem memakai sedikit rempah, hanya ketumbar.

Itulah beberapa makanan khas Jawa terenak dan terkenal yang dapat Anda coba. Saat berkunjung ke Jawa Tengah atau Jawa Timur, jangan lupa untuk mencoba mencicipi sederet makakan tradisional Jawa itu.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut