get app
inews
Aa Read Next : Warung Madura: Toserba Tradisional 24 Jam, Andalan Masyarakat Lokal

4 Cara Menghilangkan Bintik Merah di Wajah Bayi

Rabu, 07 Desember 2022 | 13:41 WIB
header img
Cara Menghilangkan Bintik Merah di Wajah Bayi. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya bintik merah pada pipi bayi seperti perubahan cuaca yang ekstrim, debu, atau udara yang lembab. Padahal kalau sudah timbul bintik merah, bayi biasanya akan rewel dan sering menangis. 

Cara Menghilangkan Bintik Merah di Wajah Bayi

1. Mengoleskan Krim Pelembab Bayi

Untuk membantu menghilangkan bintik merah pada tubuh si kecil, Kakak bisa mengoleskan krim pelembab ke area kulit yang terdapat bintik-bintik merah. Baby lotion ini akan membantu mengurangi rasa gatal akibat bintik merah dan menjaga kelembaban kulit bayi.

Untuk membantu mengurangi dan meredakan peradangan pada kulit bayi yang sensitif, sebaiknya Kakak pilih baby lotion yang mengandung bahan lembut seperti susu dan chamomile. Kedua bahan ini juga baik untuk memelihara dan menjaga kesehatan kulit bayi lho, Kak.

Kandungan vitamin A dan B12 pada susu sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit, menjaga kelembaban kulit, dan meringankan gejala eksim. Sama halnya seperti susu, kandungan chamomile pada baby lotion mampu membantu mengurangi peradangan kulit yang menyebabkan gatal.

2. Kompres Dingin

Bintik merah di kulit disertai radang tentunya akan menimbulkan efek gatal, panas, bahkan nyeri. Nah, untuk mengurangi efek gatal dan panas, Kakak bisa melakukan kompres dingin pada kulit si kecil. Kompres dingin mampu mengurangi dan meringankan rasa gatal.

Tidak hanya itu saja, kompres dingin juga membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat peradangan kulit dan mengatasi pembengkakan, serta ruam pada kulit bayi. Jangan tempelkan es batu secara langsung ke kulit bayi, namun gunakan handuk atau kain untuk membungkusnya ya, Kak.

3. Mengoleskan Minyak Kelapa Murni

Kalau di rumah Kakak ada minyak kelapa murni (virgin coconut oil), Kakak bisa nih menggunakannya untuk mengatasi bintik merah dan gatal pada kulit si kecil. Cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi dengan minyak kelapa murni juga sangat mudah.

Kakak bisa mengoleskan sedikit minyak ke bagian kulit si kecil yang terdapat bintik merah. Kandungan pada minyak kelapa murni memiliki sifat antibakteri dan antivirus, yang efektif mengatasi peradangan pada kulit akibat infeksi bakteri dan menjaga kelembaban kulit bayi.

Namun, sebelum mengaplikasikannya ke wajah si kecil, Kakak bisa mengoleskan sedikit minyak ke kulit si kecil terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan ada sebagian anak yang mungkin alergi terhadap minyak kelapa.

Apabila dalam waktu 24 jam tidak terjadi reaksi alergi sama sekali, Kakak bisa mengaplikasikan minyak kelapa ke wajah si kecil yang mengalami bintik merah. Jika cara ini tidak berhasil meredakan bintik merah, Kakak bisa segera membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut