get app
inews
Aa Read Next : Tips Mengatasi Kacamata Agar Tidak Berembun Saat Pakai Masker

Cara Menggunakan Mikroskop yang Baik dan Benar, Beserta Bagian-bagiannya

Selasa, 13 Desember 2022 | 13:38 WIB
header img
Cara Menggunakan Mikroskop. (okezone.com)

Cara Menggunakan Mikroskop. (okezone.com)

Cara Menggunakan Mikroskop

Berikut cara menggunakan mikroskop yang benar:

Dikala menggerakkan mikroskop, senantiasa membawa dengan kedua tangan. Pegang lengan mikroskop dengan satu tangan serta letakkan tangan yang lain di dasar alas buat menopang.

Putar revolver sehingga lensa obyektif dengan energi terendah" terkunci" ke letaknya( Ini pula ialah lensa obyektif terpendek).

Preparat Kamu wajib disiapkan dengan menempatkan cermin penutup ataupun cermin preparat di atas spesimen. Ini hendak menolong melindungi lensa obyektif bila memegang obyek.

Tempatkan cermin mikroskop di atas meja preparat serta kencangkan dengan penjepit obyek. Kamu bisa memencet bagian balik penjepit obyek buat membukanya.

Simaklah lensa obyektif serta meja dari samping serta putar kenop fokus agresif sehingga lensa obyektif bergerak ke dasar( ataupun meja, bila bergerak, naik ke atas). Saat ini, amati lewat lensa okuler serta sesuaikan sumber sinar( ataupun kaca) serta diafragma buat jumlah sinar terbanyak.

Secara lama- lama putar penyetelan agresif sehingga lensa objektif naik( menghindari obyek). Lanjutkan sampai foto jadi fokus. Pakai penyesuaian halus, bila ada, buat pemfokusan halus. Bila Kamu mempunyai mikroskop dengan bidang bergerak, putar kenop agresif sehingga bidang bergerak ke dasar ataupun menghindar dari lensa obyektif.

Gerakkan cermin objek mikroskop sehingga foto terletak di tengah bidang pandang serta sesuaikan kembali kaca, iluminator, ataupun diafragma buat foto yang sangat jelas.

Saat ini, Kamu wajib bisa mengubah ke lensa objektif selanjutnya dengan cuma sedikit menggunakan penyesuaian fokus. Pakai penyesuaian halus, bila ada. Bila Kamu tidak bisa fokus pada spesimen Kamu, ulangi langkah 4 hingga 7 dengan lensa obyektif berdaya besar terpasang. Jangan perkenankan lensa obyektif memegang obyek.

Cara yang pas buat menggunakan mikroskop monokuler merupakan dengan memandang lewat lensa okuler dengan satu mata serta senantiasa membuka mata yang lain( ini menolong menjauhi ketegangan mata). Bila Kamu wajib menutup satu mata dikala memandang ke mikroskop, tidak apa- apa.

Jangan sentuh bagian cermin lensa dengan jari Kamu. Pakai cuma kertas lensa spesial buat mensterilkan lensa. Sehabis berakhir, naikkan tabung( ataupun turunkan meja obyek), klik lensa energi rendah ke letaknya serta lepaskan obyek. Senantiasa tutup mikroskop Kamu dikala tidak digunakan. Debu merupakan musuh no satu sebab bisa mengotori lensa serta kurangi ketajamannya. 

Itulah cara menggunakan mikroskop yang benar dan tepat beserta bagian-bagiannya. Semoga berguna dan bermanfaat guys!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut