get app
inews
Aa Read Next : 5 Ide Jualan di Bulan Ramadhan yang Paling Laris Bisa Dicoba

9 Panduan Tepat Mengawali Usaha dari Nol Secara Efisien, Mudah Banget!

Selasa, 20 Desember 2022 | 20:35 WIB
header img
Panduan Tepat Mengawali Usaha dari Nol. (okezone.com)

Panduan Tepat Mengawali Usaha dari Nol. Foto : Istimewa

4. Rajin Menulis

Saat lakukan beberapa hal baru seperti mengawali usaha, lumrah bila ada satu atau dua hal yang terlupa dan banyak hal yang dibingungkan. Lakukan untuk menulis detil-detil barang, operasional, aktivitas dan rintangan yang Anda temui.  Catatan ini nanti dapat dipakai untuk mengingati apa yang terlupa, harus dibeli dan dilaksanakan dan dijadikan bahan penilaian.

5. Gak boleh Takut Tidak berhasil

Memutuskan untuk mengawali usaha memang memiliki resiko yang lumayan besar. Tetapi bila dari sejak awalnya Anda telah berasa takut tidak berhasil, bisa saja usaha nantinya akan tidak berhasil. Anda harus dapat memberikan keyakinan diri kita dan buang jauh semua ketakutan berkenaan ketidakberhasilan.

Ketidakberhasilan memang bisa jadi terjadi, tetapi seorang pelaku bisnis sejati pasti sanggup bangun dan dapat belajar dari ketidakberhasilan itu. Tidak boleh berusaha untuk mundur saat tidak jalan sesuai gagasan Anda.

6. Konsentrasi pada Satu Usaha Lebih Dahulu

Memiliki banyak usaha memang sanggup memberi keuntungan yang berlipat. Tetapi di lain sisi dapat menghancurkan konsentrasi Anda yang malah berpengaruh pada rugi.

Tidak boleh tergesa-gesa ingin menambahkan keuntungan dengan mengawali usaha ke-2. Yakinkan usaha yang sekarang ini telah betul-betul konstan, baik dari sisi modal, SDM, atau keperluan-kebutuhan yang lain. Jika sudah konstan, baru buat gagasan usaha seterusnya. Anda dapat ikuti seminar atau online course.

7. Terus Belajar

Jadi seorang pelaku bisnis memiliki arti siap selalu untuk belajar, belajar dan belajar. Sekarang ini Anda bisa pelajari beragam hal mengenai mengawali usaha dari beragam sumber seperti sosial media, web, terlibat perbincangan dengan sama-sama pebisnis, ikuti training dan lain-lain.

Disamping itu Anda juga harus terbuka pada kritikan dan saran dari pihak lain. Ini akan bermanfaat untuk menilai usaha Anda supaya semakin berkembang. Janganlah lupa untuk meriset pasar saat sebelum Anda mengawali usaha. Anda harus pelajari dinamika pasar, siapa yang hendak jadi pesaing dan bagaimana karakter sasaran pasar usaha Anda.

8. Disiplin Waktu

Management waktu menjadi hal susah untuk dilaksanakan beberapa orang yang mengawali usaha dari nol. Anda memandang usaha masih kecil hingga tidak membutuhkan pengendalian yang terus-terusan. Ingat, orang akan jadi bisa saat terlatih.

Walau sebenarnya disiplin waktu penting untuk diaplikasikan bagus untuk usaha besar atau kecil. Tetapkan jam operasional usaha Anda. Ini akan menolong Anda disiplin pada waktu kerja serta lebih produktif tiap hari.

9. Urus Keuangan dengan Baik

Walau Anda mengawali usaha baru bermodal, bahan baku dan produksi yang masih tetap sedikit, Anda harusnya mengurus keuangan secara baik. Management keuangan tidak dilaksanakan saat usaha telah tumbuh dan besar. Pengendalian keuangan usaha yang sudah dilakukan semenjak awalnya akan memudahkan Anda dalam meningkatkan usaha.

Latih diri Anda untuk menulis semua transaksi bisnis yang sudah dilakukan baik saat sebelum atau sesudah pemasaran. Untuk memudahkan masalah ini, program akuntansi yang mempunyai feature program pembukuan keuangan bisa menuntaskan tugas keuangan bisa lebih cepat.

Itulah 9 panduan tepat mengawali usaha dari nol secara efisien yang mudah dilakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut