get app
inews
Aa Read Next : 4 Cara Menjaga Kesehatan Sendi Agar Fit Sampai Tua

Waspada, 4 Tanda Ginjal Tidak Sehat yang Wajib Dikenali

Selasa, 27 Desember 2022 | 20:41 WIB
header img
Tanda Ginjal Tidak Sehat. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Karena fungsinya sebagai organ yang dapat membuang racun di dalam tubuh, ginjal menjadi organ tubuh yang penting untuk dijaga kondisinya demi menghindari penyakit gagal ginjal. Saat ini akan menjelaskan hal-hal yang dapat menjadi tanda saat ginjal Kakak sudah tidak sehat.

Tanda Ginjal Tidak Sehat

1. Sering Merasa Lelah

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, ginjal memiliki fungsi untuk menyaring racun yang ada di dalam darah untuk kemudian dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine atau air seni. Saat ginjal tidak sehat dan tidak berfungsi dengan baik, racun akan menumpuk di dalam tubuh kita.

Hal itu kemudian akan memberikan dampak terhadap berkurangnya produksi sel darah merah di dalam tubuh, karena tidak dapat memproduksi hormon erythropoietin. Hormon erythropoietin merupakan hormon yang berfungsi untuk memberikan sinyal sehingga sel darah merah bisa diproduksi.

Menurunnya produksi sel darah merah tersebut, kemudian akan menyebabkan pasokan oksigen ke otot dan juga otak berkurang.  Kekurangan pasokan oksigen yang disebabkan oleh menurunnya fungsi ginjal tersebut, kemudian akan menyebabkan tubuh menjadi gampang merasa lelah, letih, dan juga lesu secara terus-menerus.

2. Sesak Napas

Selain merasa lelah dan juga lesu, kurangnya sel darah merah yang disebabkan karena hormon erythropoietin yang menurun dapat menyebabkan sesak napas. Sesak napas dapat terjadi karena kurangnya pasokan oksigen dari darah.

Selain karena itu, sesak napas sebagai tanda ginjal tidak sehat juga dapat disebabkan oleh adanya penumpukan cairan yang terjadi di dalam tubuh. Sesak napas pada penderita penyakit ginjal biasanya lebih parah jika penderita berada dalam posisi tidur.

Rasa sesak napas yang dialami oleh para penderita penyakit ginjal adalah rasa sesak napas yang mirip seperti saat penderita tersebut berenang dan kemudian tenggelam. Hal itu disebabkan karena penumpukan cairan.

3. Bau Mulut yang Tidak Sedap

Saat ginjal dalam kondisi yang tidak sehat dan fungsi ginjal menurun, racun yang ada di dalam tubuh terutama di dalam darah tidak dapat terbuang dan kemudian terikut dengan aliran darah. Hal tersebut memiliki kemungkinan untuk menyebabkan permasalahan di area mulut.

Makanan apapun yang masuk ke dalam mulut tidak akan terasa enak dan juga bahkan bisa terasa seperti logam. Selain itu, penderita penyakit ginjal banyak mengalami bau mulut yang tidak sedap karena kandungan racun yang ada di dalam tubuhnya.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut