get app
inews
Aa Read Next : Waspada, 4 Tanda Ginjal Tidak Sehat yang Wajib Dikenali

4 Cara Menjaga Kesehatan Sendi Agar Fit Sampai Tua

Kamis, 29 Desember 2022 | 20:41 WIB
header img
Cara Menjaga Kesehatan Sendi. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Seperti kita ketahui, sendi ini adalah organ yang menghubungkan dua tulang pada tubuh. Keberadaan sendi membuat tubuh jadi elastis kak. Oleh karena itu, ketahui cara menjaga kesehatan sendi agar fit sampai tua. 

Karena perannya yang sangat besar ini, tentu saja kesehatan sendi harus dijaga dengan baik. Kalau sendi Kakak sehat, sudah tentu tubuh akan tetap nyaman saat digunakan untuk menengok, berjalan, membungkuk, dan beraktivitas lainnya.

4 Cara Menjaga Kesehatan Sendi Sesuai Anjuran Dokter

Sendi dan tulang merupakan bagian dari sistem gerak atau muskuloskeletal. Pada bagian dalam sendi ini biasanya terdapat cairan sinovium dan tulang rawan. Keberadaannya berperan sebagai bantalan untuk meminimalisir gesekan pada tulang.

Bantalan ini sendiri akan semakin menipis seiring dengan bertambahnya usia. Karena itulah ada beberapa cara yang bisa Kakak lakukan untuk mengantisipasi kerusakan pada bantalan ini. Penasaran apa saja? Ini dia cara-caranya:

1. Menjaga Berat Badan

Ada banyak cara yang bisa Kakak lakukan agar terhindar dari resiko kerusakan sendi. Namun, yang paling utama adalah menjaga berat badan Kakak sendiri. Banyak yang menyepelekan hal ini, padahal resiko yang ditimbulkannya sangatlah besar. 

Bobot badan yang terlalu berat bisa memicu terjadinya tahanan beban yang terlalu besar pada organ pinggul, lutut dan punggung.

Semakin tinggi bobot badan Kakak, semakin besar juga potensi kerusakan sendi yang akan terjadi pada tubuh. Karenanya wajib bagi kita semua untuk menjaga berat badan tetap ideal.

2. Jangan Duduk Terlalu Lama

Cara lain yang bisa Kakak lakukan adalah jangan duduk terlalu lama. Kalau kayak duduk terlalu lama, tentu saja persendian akan menjadi kaku. Jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, secara otomatis hal ini akan mengganggu kesehatan sendi itu sendiri.

Sebaiknya imbangi aktivitas Kakak dengan bergerak secara konsisten, meskipun hanya beberapa menit saja. Selain membuat sendi tetap lentur, Kebiasaan ini bisa menghindarkan Kakak dari resiko penyakit lain yang tidak kalah berbahaya seperti contohnya ambeien.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Cara menjaga kesehatan sendi selanjutnya adalah dengan rajin mengkonsumsi makanan bergizi. Jenis kandungan yang sangat berkhasiat untuk menjaga persendian adalah seperti vitamin D, vitamin C, protein, kalsium, asam lemak, dan antioksidan.

Adapun zat-zat tersebut bisa Kakak dapatkan dari berbagai jenis makanan. Contohnya adalah seperti produk olahan susu, kacang-kacangan, buah dan sayur, ikan, minyak zaitun, teh hijau, dan berbagai jenis biji-bijian utuh yang banyak tersedia di pasaran saat ini.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut