get app
inews
Aa Read Next : 4 Cara Menjaga Kesehatan Sendi Agar Fit Sampai Tua

Kenali 8 Ciri-Ciri Anak Autis Sejak Dini yang Dapat Diamati

Jum'at, 30 September 2022 | 11:37 WIB
header img
Ciri-Ciri Anak Autis. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ciri-ciri anak autis sebenarnya dapat dideteksi melalui perilaku sampai kebiasaan yang ditunjukkan dalam aktivitas sehari-hari. Maka kenali ciri-ciri anak autis sejak dini yang dapat diamati. Dalam dunia medis, istilah autisme lebih merujuk pada gangguan spectrum autisme yang dikenal sebagai autism spectrum disorder (ASD).

Pada umumnya, autisme itu lebih sering dialami oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Autisme itu terjadi lantaran ada gangguan perkembangan pada otak sampai mempengaruhi kemampuannya untuk berpikir dan berkomunikasi dengan orang lain.

Ini sering membuat anak-anak yang mengidap autisme terlihat sedikit mencolok dibandingkan dengan yang lain. Karena, perilaku yang ditunjukkan oleh pengidap autisme cukup berbeda dan lebih unik daripada orang biasa.

Hal itu dapat diamati dari beberapa ciri-ciri autisme yang seharusnya Anda ketahui. Dengan begitu, karena itu jenis gangguan itu akan lebih mudah untuk terdeteksi lebih dini. Berikut 8 ciri-ciri anak autis yang berhasil dirangkum dari beragam sumber.

8 Ciri-Ciri Anak Autis Sejak Dini 

Mengulangi Perkataan dan Perilaku

Salah satu ciri-ciri anak autis yang bisa dikenali ialah sikap mengulangi saat dirinya menyukai atau fokus pada satu hal tertentu. Ini membuat penderita seolah mempunyai dunia sendiri.

Umumnya, mereka akan mengulangi satu perilaku yang baru pertama kali dia lihat dan dengar. Selain itu, mereka akan bawa berbagai barang yang sama karena penderita menganggap jika hal tersebut merupakan suatu hal yang berharga baginya sehingga seseorang juga tidak diizinkan untuk menyentuh atau merebutnya.

Sering Berkomunikasi Sendiri

Selain sering mengulangi perilaku sampai perkataan yang baru baginya, penderita autisme kerap berbicara sendiri. Hal ini sebagai ciri-ciri anak autis yang merasa jika dirinya mempunyai dunianya sendiri. Tak jarang juga, ciri ini seringkali dilaksanakan meski sang penderita ada di situasi yang cukup mengancam.

Memiliki Ketertarikan Pada Suatu Objek

Ciri-ciri anak autis yang selanjutnya ialah memiliki ketertarikan tertentu terhadap suatu objek. Saat penderita sudah mengalami tanda-tanda yang ini, karena itu biasanya mereka justru menjadi cukup piawai dan ahli di suatu objek itu.

Saat merasa tertarik pada suatu hal, karena itu penderita umumnya akan mengulangi atau bermain dengan hal itu secara terus-menerus tanpa mengenal waktu. Oleh karena itu, tak jarang juga anak-anak autis itu justru cukup pintar saat mereka sudah mempunyai ketertarikan terhadap suatu hal tertentu.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut